KPU Banjarmasin Belum Umumkan Berita Acara Bakal Calon Independen

0

SETELAH kurang lebih sepuluh jam proses penghitungan data dukungan masyarakat, KPU Banjarmasin memastikan syarat dukungan dua pasang bakal calon perseorangan Pilwali Banjarmasin dinyatakan memenuhi syarat.

KEDUANYA dianggap telah memenuhi syarat dukungan karena telah menyerahkan lebih dari 38.003 fotocopy e-KTP yang merupakan syarat dukungan minimum.

Namun, KPU Banjarmasin belum bisa mengumumkan berita acara dari kedua paslon tersebut lantaran waktu yang dibutuhkan untuk menghitung seluruh data dukungan calon dianggap tidak cukup.

“Sebenarnya jika hanya menghitung jumlah minimum 38.003 itu sudah selesai jam 24.00 Wita. Namun kedua paslon melebihi dari itu, maka sesuai ketentuan akan kita cocokkan antara B.1.KWK dengan B.1.1.KWK lagi,” ucap Komisioner KPU Banjarmasin M Syafruddin Akbar, Senin (24/2/2020) dinihari.

BACA : Bawaslu Banjar Ingatkan Pidana Bagi Pemalsu Syarat Dukungan Masyarakat

Setelah dilakukan proses verifikasi, KPU Banjarmasin mengklaim ada selisih angka antara Sistem Informasi Pencalon (silon) dengan fotocopy e-KTP yang diserahkan kedua paslon.

Anang Misran-Ahmad Firdaus yang sebelumnya mengklaim memiliki syarat dukungan 38.979 ternyata memiliki lebih dari 44 ribu fotocopy e-KTP. Sedangkan Khairul Saleh-Habib Ali dinyatakan memiliki kekurangan sekitar 250 fotocopy e-KTP yang sebelumnya mengklaim mempunyai 41.520 syarat dukungan. “Secara hitungan sudah melebihi minimal dan itu sudah kita terima,” tambahnya.

Kedua paslon harus sedikit bersabar menunggu hasil pencocokan formulir B.1.KWK dengan B.1.1.KWK oleh KPU Banjarmasin hingga Rabu (26/2/2020) nanti. “Setelahnya akan ada verifikasi administrasi dari Kamis-Rabu (27/2-4/3/2020),” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.