Pemuda Panca Marga Harus Tunjukkan Eksistensinya

0

CUKUP lama vakum, akhirnya organisasi kepemudaan  yang lahir di bawah keluarga besar Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), mulai berdetak di Kalimantan Selatan. Ini ditandainya dengan pelantikan pengurus Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Panca Marga Provinsi Kalsel masa bakti 2020-2025.

PROSESI pelantikan pun berlangsung cukup sederhana di Gedung Juang LVRI Kalsel, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi, Banjarmasin, Rabu (11/3/2020).

Dihadiri sejumlah tokoh LVRI Kalsel dan Kota Banjarmasin, pelantikan pengurus Pemuda Panca Marga Kalsel yang diketuai Arianto, seorang wartawan senior ini dipimpin Ketua Umum Pemuda Panca Marga, Berto Izaak Doko.

BACA : Sempat Vakum, Pemuda Panca Marga Ingin Hidupkan Lagi LKBH

Ia mengingatkan agar pimpinan organisasi yang baru bisa berperan aktif dalam pembangunan daerah, khususnya di Kalimantan Selatan dengan memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga yang dibutuhkan daerah.

“Begitupula, kepengurusan yang ada di kabupaten dan kota di Kalsel bisa bersinergi dengan pemerintah daerah. Organisasi ini harus menjadi perekat kemajemukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Berto Izaak Doto.

Menurut dia, kepada kepemimpinan yang baru juga harus mengutamakan proses kaderisasi dan regenerasi dari keluarga besar putra-putri Legiun Veteran. “Bagaimana pun, organiasi ini mengambil nama Panca Marga sebagai kode kehormatan kepada para orangtua, khususnya para veteran,” ucap Berto.

Senada itu, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga Kalsel Arianto memastikan akan segera melakukan konsolidasi organisasi, usai cukup lama vakum sejak 2016. Menurut dia, peran Pemuda Panca Marga serupa dengan organisasi kepemudaan lainnya, termasuk gerakan Pramuka yang membawa nilai-nilai positif dalam keberadaannya di tengah masyarakat.

BACA JUGA : PPM Kalsel akan Lakukan Konsolidasi

Dalam prosesi pelantikan Pemuda Panca Marga Provinsi Kalsel juga dibarengkan dengan jaringan organisasinya di Tanah Bumbu, Kotabaru dan Banjarmasin.

Senada itu, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga Kalsel Syahmardian mengungkapkan sedikitnya ada 40 pengurus yang dilantik secara massal pada hari ini.

“Semangat organisasi ini tentu membawa misi yang sama dengan LVRI. Kami mengingatkan pentingnya untuk menjaga nilai-nilai perjuangan dan kebangsaan yang mulai luntur di generasi sekarang. Ini yang perlu ditekankan ke depan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.