Teken Kerjasama, Lapas Kotabaru Siap Ciptakan Warga Binaan yang Unggul dan Produktif

0

LEMBAGA Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru melaksanakan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Perikanan, dan Swalayan Winmart sebagai mitra dalam memasarkan hasil karya Warga Binaan Lapas Kotabaru.

PENANDATANGANAN perjanjian kerjasama ini dilakukan di Aula Cendrawasih Lapas Kotabaru, Rabu (17/1/2024) yang dihadiri Kalapas Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise, Kadis Diskoperindag Kotabaru, H Hardani, Kepala Dinas Perikanan Khairil Fadjri serta pihak Swalayan Winmart.

Kerjasama ini sebagai bentuk sinergisitas dalam melakukan pembinaan kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Lapas Kotabaru dan juga pemasarana hasil karya Warga Binaan. Selain itu juga sebagai sarana menjalin kerjasama guna mempersiapkan WBP untuk dapat mandiri dan siap kembali ke masyarakat.

BACA : Tempati Kantor Baru, Pemkab Kotabaru Gelar Shalat Hajat Dan Peringatan Isra Miraj

Kalapas Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise menyampaikan, pihaknya terus berupaya menciptakan warga binaan yang kreatif, produktif dan unggul agar setelah selesai menjalani masa pidana warga binaan mempunyai kemampuan untuk bekal hidup di lingkungan masyarakat.

“Melalui pembinaan yang di lakukan, kami berupaya menciptakan warga binaan yang kreatif, produktif dan unggul,” ujar Kalapas.

Ditambahkannya pula, bahwa warga binaan mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dan masyarakat.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdangan Kotabaru H. Hardani. Menurut dia,perjanjian kerjasama ini tidak hanya sekedar kegiatan seremonial, tetapi pihaknya akan segera menindaklanjuti dalam aksi nyata.

BACA JUGA :  Tinjau Pembangunan Akses Jalan, Bupati Kotabaru Berharap Dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat

“Kami akan segera melakukan tindakan terkait perjanjian kerjasama ini, karena mayoritas WBP ini ini merupakan warga Kabupaten Kotabaru. Sudah seharusnya kami ikut menyukseskan program Pemkab Kotabaru untuk pembangunan SDM yang berkualitas dan unggul di Kotabaru,” ucapnya.

Hal inipun turut diamini Kepala Dinas Perikanan Kotabaru, Khairil Fadjri. Ia menyebut kerjasama yang dilakukan ini terkait dengan budidaya ikan air tawar yang diupayakan Lapas Kelas IIA Kotabaru untuk warga binaan dalam rangka sumber daya manusia.

“Ya, kita akan membekali dengan berbagai pembekalan keahlian yang ditekuni sehingga warga binaan mempunyai pengalaman dalam hal budi daya ikan air tawar,” ucapnya.

BACA LAGI :  Tak Lagi Berjualan di Bahu Jalan, 2 Pasar Desa Diresmikan Bupati Kotabaru

Dinas Perikanan sendiri, kata dia akan mendukung pengadaan bibit ikan yang nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini. Adapun yang sudah berjalan saat ini adalah ikan nila. “Kedepannya kita juga akan menyiapkan pemenuhan pakan dan bibit ikan lainya seperti lele dan patin,” pungkasnya.

Diakhir acara Kalapas mengajak Kepala Diskoperindag, Kepala Dinas Perikanan, dan perwakilan direktur Swalayan Winmart melihat langsung kegiatan kemandirian seperti budidaya sayuran hidroponik, kerajanin papan nama, pembuatan telur asin, dan menjahit.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.