Reses di Desa Pesayangan Utara, Anggota DPR Syaifullah Tamliha Serahkan Bantuan Mobil Ambulans dan Dapur Umum

0

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha turun menyapa konstiutennya di Desa Pesayangan Utara, Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis (18/1/2024).

LEGISLATOR Senayan Jakarta ini membalut kegiatannya dengan reses anggota DPR/MPR RI Fraksi PPP Dapil Kalimantan Selatan 1 juga dibarengi dengan penyerahan paket bantuan dari pusat.

Bantuan diserahkan Syaifullah Tamliha itu berupa satu unit mobil ambulans dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk Desa Pesayangan Utara. Sedangkan, Pemkab Banjar mendapat bantuan satu unit mobil dapur umum dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Bantuan dua unit mobil dari pemerintah pusat ini merupakan wujud dari aspiasi masyarakat yang disampaikan kepada saya untuk diperjuangkan di pusat,” ucap Syaifullah Tamliha.

Dia menyebut selain Desa Pesayangan, sudah ada 5 unit bantuan mobil ambulans telah diserahkan ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Banjar.

BACA : Nama Syaifullah Tamliha, Caleg Petahana PPP Populer 2024-2029 di Dapil Kalsel 1

Syaifullah mengakui kondisi Kabupaten Banjar, khususnya di beberapa desa hampir tiap tahun terdampak banjir. Dengan adanya mobil dapur umum bisa memudahkan keperluan konsumsi bagi warga terdampak.

“Jangan ada lagi misalkan pembagian nasi bungkus waktu banjir justru yang membagi sambil berenang atau berendam di banjir juga,” kata Syaifullah.

Menurut dia, bantuan yang diserahkan ke masing-masing desa selain mobil ambulans, ada pula sepeda motor roda tiga, mobil dapur umum lapangan, kursi roda hingga bantuan makanan setiap hari untuk warga yang rentan.

BACA JUGA : Siaga Banjir Bagi Desa Terdampak, Anggota DPR Syaifullah Tamliha Serahkan Bantuan 5 Unit Perahu Fiber

“Khusus di Kabupaten Banjar, diserahkan dua unit ambulans bantuan dari BPKH. Salah satunya di Desa Pesayangan,” kata mantan Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini.

Syaifullah mengatakan ada pula beberapa bantuan diberikan kepada masyarakat seperti pembangunan atau perbaikan mushala, bantuan rumah sejahtera terpadu, hingga pemberian sembako dari Baznas bagi warga kurang mampu atau lanjut usia (lansia).

Anggota DPR/MPR RI Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha saat menyampaikan apa yang telah diperjuangkan dalam reses di Desa Pesayangan Utara, Martapura. (Foto Istimewa untuk JR)

———

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengapresiasi penyerahan bantuan pusat yang disampaikan oleh anggota DPR RI Syaifullah Tamliha.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banjar, khususnya dalam saat penanggulangan bencana,” kata Ikhwansyah.

BACA : Diserahkan Syaifullah Tamliha, Warga Terdampak Banjir Kabupaten Banjar Mendapat Bantuan Dana Dari BNPB

Kegiatan reses sekaligus penyerahan bantuan dari BNPB dan BPKH oleh Syaifullah Tamliha juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar Aidil Basith, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita, Kepala Desa Pesayangan Utara Muhammad Zayadi, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Sementara itu, Kepala Pesayangan Utara, Muhammad Zayadi mengucapkan terima kasih atas terwujudnya bantuan tersebut. “Permohonan bantuan mobil ambulans memang disampaikan pada pertengahan 2023, dan baru terealisasi pada awal tahun 2024,” kata Zayadi.

BACA JUGA : Jadi Tokoh Inspiratif, Anggota DPR Syaifullah Tamliha Raih Penghargaan Di Ajang The Winner Award 2023

Dia mengungkapkan pada 2022 lewat proposal permohonan seperti bedah rumah juga telah terealisasi 3 unit di desanya.

“Desa Pesayangan Utara memang punya pos kesehatan desa, namun tak punya mobil ambulans. Direncanakan, mobil ambulans ini untuk perawatannya menggunakan anggaran desa,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.