Tak Lagi Berjualan di Bahu Jalan, 2 Pasar Desa Diresmikan Bupati Kotabaru

0

BUPATI Kotabaru H Sayed Jafar meresmikan 2 pasar desa yang diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat Desa Tarjun dan Desa Mandala di Kecamatan Kelumpang Hilir, Rabu (10/1/2024).

PASAR Tarjun Jaya dibangun sejak 2022 hingga 2023. Bangunannya berupa kios dan los pasar yang dilengkapi fasilitas seperti listrik dan air. Anggarannya bersumber dari dana desa sebesar Rp 800 juta. Sedangkan untuk Pasar Sumber Rezeki di Desa Mandala, dibangun melalui APBD Kotabaru dengan anggaran Rp 184.508.000.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar berharap, hadirnya Pasar Desa Tarjun Jaya dan Pasar Sumber Rezeki ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar pasar, khususnya para pedagang.

BACA : Dinkes Kotabaru Gelar Evaluasi Kinerja Dan Perpanjangan PKWT

“Keberadaan pasar ini, merupakan salah satu indikator nyata kegiatan ekonomi masyarakat disuatu wilayah. Dengan hidupnya pasar desa ini, tentu dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Ia juga berpesan agar bersama-sama dapat mempertahankan keberadaan pasar desa ini sehingga tidak tergerus keberadaan pasar modern. Karena hilangnya pasar desa dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Setelah pasar ini diresmikan dan beroperasi, kami berharap seluruh elemen dapat bersama-sama menjaga kebersihan, menjaga fasilitas dan keamanan serta memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan. Bukan tidak mungkin masyarakat akan lebih memilih berbelanja di pasar tradisional dibanding pasar modern,” harap bupati.

BACA JUGA :  Harga Ramah di Kantong, Dishub Kotabaru Luncurkan 2 Unit Bus Damri

Sementara itu, Kepala Desa Mandala, Jumari mengatakan sekitar 8 tahun ini, warga desa sangat menginginkan adanya pasar karena selama ini, para pedagang berjualan dibahu jalan.

“Kami tentu sangat gembira. Sebab sejak 2015 para pedagang berjualan di bahu jalan. Alhamdulillah awal 2024, pembangunan pasar di desa kami sudah selesai sehingga masyarakat dapat beraktivitas. Kami juga sudah menyiapkan lahan untuk pembuangan sampah,” pungkas Jumari.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.