Siaga Banjir bagi Desa Terdampak, Anggota DPR Syaifullah Tamliha Serahkan Bantuan 5 Unit Perahu Fiber

0

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha menyerahkan secara langsung bantuan perahu fiber untuk warga Desa Murung Kenanga, Kabupaten Banjar, Jumat (14/7/2023).

SEBELUMNYA pada Kamis (13/7/2023), 3 unit perahu fiber yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Desa Pengaron, serta Desa Tunggul Irang dan Balangan. Totalnya, ada 5 unit diberikan ke desa yang selalu terdampak banjir.

Penyerahan perahu fiber ini disambut langsung oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie serta didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, Pambakal Desa Murung Kenanga disaksikan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Syaifullah Tamliha mengatakan bantuan perahu fiber ini merupakan usulan dari Bupati Banjar dan aspirasi dari masyarakat yang diperjuangkan ke pusat.

BACA : Diserahkan Syaifullah Tamliha, Warga Terdampak Banjir Kabupaten Banjar Mendapat Bantuan Dana Dari BNPB

Dia mengungkapkan perahu yang diberikan BNPB sebanyak 5 unit se-Indonesia, dimana 3 unit diberikan untuk wilayah Kalsel. Di antaranya 2 unit di Kabupaten Banjar yaitu Desa Pengaron dan Desa Murung Kenanga serta 1 unit di Kabupaten Balangan.

“Perahu ini akan ditempatkan di Desa Murung Kenanga dan tetap atas pengawasan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar,” ujar Syaifullah.

Mantan Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini membeberkan ke depan pihaknya akan merenovasi rumah pasca bencana di Desa Pematang Danau dengan biaya satu buah rumah sebesar Rp 60 Juta. Selain itu, kata Syaifullah, bedah rumah bagi warga kurang mampu yang termasuk di data Terpadu Kesejahteraan Sosial (TKS).

BACA JUGA: 11 Kecamatan Terdampak Banjir, Bupati Banjar Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana 14 Hari

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyampaikan terimakasih atas dukungan anggota DPR RI tersebut yang sudah memperjuangkan aspirasi dari masyarakat Kabupaten Banjar.

“Perahu ini bukan hanya untuk kebencanaan tetapi juga untuk kesiapsiagaan,” ucapnya.

Saidi berharap tidak ada lagi bencana seperti tahun-tahun yang lalu.  “Semoga dengan kesiapan kita dalam keselamatan serta keamanan ini juga menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah,” pungkasnya.

BACA JUGA : Jadi Tokoh Inspiratif, Anggota DPR Syaifullah Tamliha Raih Penghargaan Di Ajang The Winner Award 2023

Senada dengan sang Bupati, Pembakal Desa Murung Kenanga Hipzil Khair mengaku bersyukur karena desanya mendapat bantuan perahu fiber tersebut.

“Alhamdulillah, bantuan perahu yang kami suarakan dapat terealisasi. Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Syaifullah maupun Pemkab Banjar,” ujarnya usai penyerahan.

Hipzil mengaku berdasar pengalaman dari bencana banjir tahun sebelumnya pihaknya sangat kesulitan mengevakuasi warga lansia yang terjebak banjir lantaran tidak punya perahu.

BACA JUGA : Syaifullah Tamliha Serahkan Bantuan 1.349 Rehab Rumah dan Irigasi di Kabupaten Banjar

“Di Desa Murung Kenanga ini kerap terjadi banjir di RT 1 dan RT 6 dengan ketinggian banjir setinggi lutut dewasa. Karena itu kita susah akses jalan mengevakuasi menyelamatkan warga lansia juga dalam membagi sembako,” bebernya.

Nantinya bantuan perahu ini, disampaikan Hipzil akan diletakan di Depan Kubah Lima Wali. “Di depan kubah ini merupakan pelabuhan penyeberangan. Jika ada warga yang ingin menggunakan perahu tersebut akan kita pinjami. Kita saling bahu membahu, jadi hal itu nggak ada masalah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.