Ini Sejumalh Usulan Prioritas di Musnrenbang Kecamatan Pugaan

0

KECAMATAN Pugaan khususnya di empat desa perlu adanya perhatian pemerintah daerah dalam peningkatan infrastruktur.

EMPAT desa ini yakni Desa Jirak, Tamunti, Pampanan dan Sei Rukam II kondisi lahan persawahan yang terdampak banjir sehingga menimbulkan permasalahan perekonomian masyarakat.

Camat Pugaan, Farith Yusriyanur Riza menjelaskan bahwa empat desa ini sangat sulit bercocok tanam yang hampir terjadi setiap tahun.

BACA : Masih Menunggu Persetujuan, TPP ASN 2024 Di Tabalong Bakal Dicairkan Awal Maret

Pasalnya, kondisi saluran pembangunan air dan irigasi yang mati total karena tersumbat oleh tanaman liar sehingga air menggenangi lahan warga.

“Dan itu mematikan akses total ekonomi masyarakat di sana,” jelasnya saat Musnrenbang RKPD 2025 di Halaman Kantor Camat Pugaan, Rabu (24/01/2024).

Farith pun berharap, pembangunan embung dan normalisasi sungai bisa menjadi masuk usulan skala sangat prioritas dalam RKPD 2025.

BACA JUGA :  Menunggu Persetujuan Menpan RB, Formasi CPNS Dan PPPK Tabalong 2024 telah Diajukan

Dengan ada infrastruktur ini dapat menciptakan centra perekonomian baru di empat desa ini terlebih-lebih untuk Kecamatan Pugaan secara umum.

“Mudah-mudahan dengan normalisasi titik-titik sungai yang sudah tergambarkan ini, lahan-lahan lebak yang ada di Jirak, Sei Rukam II, Tamunti, dan Pampanan bisa produktif secara maksimal,” harapnya.

Sementara itu Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengungkapkan bahwa di Pugaan saat ini ada kebaharuan perkembangan pembangunan.

“Jadi, kita tidak bisa lagi menjadikan forum Musrenbang tahun ini sama seperti lima tahun lalu yang monoton,” ungkapnya.

BACA LAGI : Perusahaan Di Tabalong Beri Upah Pekerja Sesuai UMK 2024

Menurutnya, dengan ada kebaharuan ini masyarakat tidak saja menikmatinya namun mendapatkan manfaat dari sisi ekonomi.

“Ini sebagai dampak dari pembangunan infrastruktur. Saya mendukung sepenuhnya pembangunan embung-embung kecil, normalisasi sungai dan ini bisa bekerjasama dengan TNI,” ujarnya.

Diketahui, dalam Musrenbang RKPD 2025 di Pugaan setidaknya ada sebanyak 111 usulan terdiri Desa Sei Rukam II ada 9 usulan, Sei Rukam I 11 usulan, Tamunti 37 usulan, Pugaan 16 usulan, Halangan 17 usulan, Jirak 14 usulan, dan Pampanan 7 usulan.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.