Capaian PAD Banjarmasin Tahun 2023 Lepas Jauh Dari Target

0

MASUK Tahun 2024 dan telah ditutupnya tahun anggaran Tahun 2023, ternyata realisasi capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarmasin cukup jauh meleset dari target yang ditetapkan.

BERDASARKAN data yang dipaparkan dalam rapat antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Banjarmasin, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Banjarmasin, di ruang rapat paripurna, capaian PAD untuk Kota Banjarmasin, hingga Desember 2023 hanya di angka 70,83 persen.

Untuk PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi, hanya mampu mencapai 54,83 persen, atau hanya Rp 307,4 miliar dari target PAD Tahun 2023 sebesar Rp 560 miliar.

BACA: Masuk Jajaran Paling Tinggi Di Kalsel, Capaian PAD Banjarmasin Telah Lampaui Target

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali, menyebutkan capaian ini tergambarkan secara nasional, masuk kedalam zona merah.

Dirinya pun membandingkan kondisi Banjarmasin sekarang dengan Kota Banjarbaru, dalam aspek capaian PAD. “Dengan daya saing yang sama, berupa pajak dan retribusi. Dan sama sebagai daerah perdagangan dan jasa, mereka mampu mencapai 80 (persen) lebih untuk PAD mereka,” ucapnya.

Hal ini dikatakan olehnya harus menjadi warning bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, karena tidak maksimalnya realisasi PAD Kota Banjarmasin di Tahun 2023.

BACA JUGA: Progres Pembangunan Pemkot Banjarmasin Tahun 2023, Lebih Rendah Dari Tahun 2022

Terlebih lagi, pada Tahun 2023 sebelumnya APBD Kota Banjarmasin juga mengalami defisit dalam anggaran. Dimana anggaran belanja Rp 2,5 triliun, dengan kemampuam anggaran pendapatan sebanyak Rp 2,3 triliun.

“Defisit ini sebenarnya bisa kita tutupi apabila target PAD bisa lebih meningkat, karena kalau tidak kita akan menjadi lebih besar pasak dari pada tiang,” jelasnya.

Menurutnya setiap pembahasan anggaran pihaknya telah sering memperingatkan pemerintah kota terkait hal tersebut. “Kita sudah memperingatkan, kalau kita defisit terus debit APBD kita berarti itu tidak sehat. Ternyata betulkan, sekarang ini realisasi PAD kita tidak tercapai,” pungkasnya.

BACA LAGI: Periode Januari-Agustus 2022, Sekda Ungkap Realisasi PAD Banjarmasin Sudah 65 Persen

Sementara itu Anggota Banggar Kota Banjarmasin, Afrizaldi mengatakan, hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadinya refocusing anggaran. “Jadi nantinya anggaran 2024 akan diambil untuk menutupi kegiatan, di Tahun 2023 yang tidak selesai, karena capaian PAD yang tidak tercapai ini,” ucapnya, Rabu (3/1/2023).

Namun hal ini, memiliki konsekuensi akan banyak kegiatan di Tahun 2024 yang akan tereliminasi nantinya. “Inilah kalau capaian PAD kita tercapai, maka terpaksa kita harus mengambil jatah di 2024 nanti,” ujarnya.

“Dan dipastikan akan banyak kegiatan yang tidak dapat terlaksana,” tutupnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2024/01/03/capaian-pad-banjarmasin-tahun-2023-lepas-jauh-dari-target/
Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.