Terdesak Jadwal Penerbangan, Pj Bupati Batola Lantik Pejabat Di Kawasan Bandara

0

AKIBAT hanya tersisa beberapa jam untuk berangkat umrah bersama rombongan pejabat Pemprov Kalsel, Penjabat Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat mengambil sumpah dan melantik sejumlah pejabat tinggi pratama di Landasan Ulin, Banjarbaru, Selasa (2/1/2024).

KEPALA Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Pemprov Kalsel ini melantik pejabat tinggi Pratama sekitar pukul 07.00 WITA, di Gedung Bina Angkasa TNI AU Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, beberapa jam sebelum berangkat, dan akan kembali ke tanah air pada Rabu (11/1/2024).

“Alasan pemilihan tempat tersebut hanya untuk efektivitas. Artinya setelah pelantikan, saya juga bisa langsung berangkat menuju Tanah Suci,” ungkap Mujiyat.

“Di sisi lain, rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) baru diterima, Jumat (29/12/2023). Tidak mungkin melakukan pelantikan keesokan harinya (Sabtu) karena libur,” sambungnya.

BACA: Terima Dana Transfer Ke Daerah Rp 1,41 Triliun, Pj Bupati Batola Juga Terima Penghargaan 

Selanjutnya Zulkipli Yadi Noor Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Batola, otomatis menjadi Pelaksana Harian Penjabat Bupati.

Disamping itu juga beberapa posisi pejabat pimpinan tinggi pratama sedang kosong, karena pejabat sebelumnya sudah memasuki masa purna tugas. Diantaranya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Pendidikan, dan Dinas Perhubungan.

“Rotasi yang telah dilakukan ini sebenarnya bagian dari penyegaran,” ungkap Mujiyat seusai prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan.

“Kebetulan banyak pejabat tinggi pratama yang sudah menjabat lebih dua tahun, dan bahkan lebih dari lima tahun. Intinya supaya generasi berikutnya bisa berkarya, ketika mengisi jabatan baru,” tegasnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Batola Raih Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023

Mereka yang dilantik yakni dr Azizah Sri Widari. Kepala Dinas Kesehatan ini selanjutnya didapuk sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Rusmadi dipercaya menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), menggantikan Hj Fahriana yang dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra sebelumnya Suyud Sugiono, beralih menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Berikutnya, Suyud menggantikan H Ardiansyah yang menempati jabatan baru sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) menggantikan Rahmanuddin Murad.

Sedangkan Rahmanuddin Murad akan mengisi jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan menggantikan Purkan.

Purkan sendiri dilantik menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (D2KBP3A).

Hj Harliani yang sebelumnya menjabat Kepala D2KBP3A, dipercaya menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Harliani menggantikan Muhammad Hasbi yang purna tugas.

H Fuad Syekh juga menempati jabatan baru. Mantan Kepala Dinas Sosial ini menjadi Asisten Administrasi Umum dan Kemasyarakatan menggantikan Wiwien Masruri.

Wiwien kemudian menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggantikan H Samson. Adapun Samson kemudian dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan.

Muhammad Anjar Wijaya didefinitifkan sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sebelumnya Anjar menjadi pelaksana tugas menggantikan Muhammad Aberar yang purna tugas.

Terakhir Dahtiar Fajar Kasatpol PP, menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD).

“Selepas pelantikan tersebut, diharapkan pejabat tinggi pratama dapat saling berkolaborasi, tetap profesional dan menjaga semangat kerja,” ungkap Mujiyat.

Meski demikian, terdapat beberapa posisi jabatan pimpinan tinggi pratama yang belum definitif dalam lingkup Pemkab Batola. Mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Pendidikan, dan Dinas Perhubungan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.