Didampingi Istri, Pejabat Pemkot Banjarmasin Ikut Outbound di Wonosobo Menikmati Dataran Tinggi Dieng

0

DALAM sepekan ini, postingan sejumlah pejabat Pemkot Banjarmasin mengunggah keindahan alam Wonosobo di media sosial (medsos) khususnya di akun pribadi facebook.

WONOSOBO merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan wisata alam andalannya; Dataran Tinggi Dieng. Dengan hawa sejuk khas pegunungan Jawa serta hampran perkebunan teh Tambi warisan kolonial Belanda, Wonosobo selalu menjadi tujuan untuk rekreasi sekaligus menjadi wahana outbound dalam paket wisata Dieng.

Paket wisata Dieng ditawarkan dalam paket wisata outbound cukup beragam. Dari outbound training instansi atau perusahaan, outbound training fun family atau keluarga besar, hingga outbound training sekolah di kaki bukit Pegunungan Dieng.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman mengakui lokasi outbound bagi para pejabat Balai Kota memilih Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah pada 21-23 Oktober 2023 lalu.

BACA : Lantik 199 Pejabat Struktural di Balai Kota, Walikota Ibnu Sina: Semua Stok Baru!

Secara serentak para pejabat mengikuti kegiatan outbound itu didampingi sang istri. Bahkan trio ‘Balai Kota’; Walikota Ibnu Sina, Wakil Walikota Arifin Noor hingga Sekda Kota Banjarmasin ikut mendampingi kegiatan outbound Capacity Building di Wonosobo gelaran Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD-Diklat) Kota Banjarmasin.

Capacity Building merupakan kegiatan untuk pengembangan dan penguatan kapasitas atau kemampuan bagi individu dan organisasi.

“Capacity building di Wonosobo ini biaya anggaran ditanggung oleh APBD Kota Banjarmasin. Dalam perjalanan dinas ke Wonosobo, Jawa Tengah ini masing-masing pejabat didampingi istri,” ucap Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman kepada jejakrekam.com, Kamis (26/10/2023).

BACA JUGA : Balai Kota Ditinggal Pergi, Pejabat Dikabarkan Boyong Istri dan Staf ke Yogyakarta

Hal senada juga dilontarkan Kepala BKD-Diklat Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto. Menurut dia, kegiatan capacity building selama tiga hari (Sabtu, Minggu dan Senin) pada 21-23 Oktober 2023 itu, banyak materi disampaikan baik dalam ruangan maupun luar ruangan.

“Ini kegiatan rutin tiap tahun dilaksanakan untuk pengembangan diri jajaran pejabat pemerintah kota. Para kepala dinas atau badan tidak hanya mengikuti kegiatan di luar kelas atau outbound, tapi juga materi dalam kelas disampaikan oleh Pak Faisal Basri (Ekonom Universitas Indonesia) terkait persoalan dan strategi pengembangan UMKM sesuai visi-misi Walikota Banjarmasin,” tutur Totok.

BACA JUGA : 2 Tahun Menjabat, Jalani Job Fit, 10 Pejabat Teras Pemkot Banjarmasin Bakal Dirotasi

Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin ini mengungkapkan materi dalam kelas maupun outbound di alam terbuka tidak menjadi hal wajib bagi kepala dinas atau badan.

“Kami hanya memfasilitasi, kepala dinas atau badan mau ikut atau tidak tidak diwajibkan. Selain itu, outbound di Wonosobo itu sangat bagus manfaatnya bagi para pejabat pemerintah kota,” imbuh Totok.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.