2 Tahun Menjabat, Jalani Job Fit, 10 Pejabat Teras Pemkot Banjarmasin Bakal Dirotasi

0

PEMKOT Banjarmasin menerapkan job fit atau person-job fit guna menilai kecocokan karakteristik para pejabat yang akan menempatkan posisi lowong atau dipertahankan di posisinya.

METODE job fit yang mendasarkan pada kepribadian, soft skills (kecerdasan sosial), pengalaman dan nilai (value) dalam bekerja jadi pertimbangan bagi kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Balai Kota Banjarmasin.

Tercatat ada 10 pejabat yang mengikuti penilaian dan pengujian kompetensi (job fit) dilakukan Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budman bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan (BKD Diklat) Kota Banjarmasin, Agus Totok Daryanto.

“Lewat job fit yang menjadi tahapan rotasi jabatan diberlakukan di pemerintah kota. Jadi, mereka nantinya bisa dinilai layak untuk menempatkan jabatan pimpinan tinggi pratama seperti Kepala Badan Kesbangpol, Staf Ahli Walikota serta Asisten II Perekonomian dan Pembangunan yang masih kosong di Pemkot Banjarmasin,” ucap Totok Agus Daryanto kepada awak media di Balai Kota, Kamis (2/3/2023).

BACA : LKPj Walikota Banyak Catatan Kaki, dari Soal PAD hingga Banjarmasin Terancam Tenggelam

Para pejabat yang mengikuti tahapan job fit adalah Kepala Dinas Kebudayaan, Pemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporabud) Kota Banjarmasin Iwan Fitriady.

Kemudian, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskopumker) Kota Banjarmasin HM Isa Ansari, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin Madyan dan Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdamkot Banjarmasin, Machli Riyadi.

Ada pula, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar. Kemudian, Kepala Satpol PP Ahmad Muzaiyin, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika.

BACA JUGA : Ingatkan 20 Program Prioritas, 88 Pejabat Bergeser Posisi Dilantik Walikota Banjarmasin

Berikutnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) M Makhmud, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) M Ihsan Alhak, dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakot Banjarmasin, Ahmad Fanani Saifudin.

“Selain mengisi jabatan yang lowong, kemungkinan besar juga ada pergeseran jabatan berdasar hasil job fit,” ucap Sekdakot Banjarmasin, Ikhsan Budiman.

BACA JUGA : 12 Pejabat Banjarmasin Dilantik Isi Kursi Kosong Kepala SKPD, Walikota: Mudah-mudahan Gaspol

Mantan pejabat Pemkab Tanah Bumbu ini menjelaskan dari penilaian job fit itu akan didapat pertimbangan tepat bagi para pejabat ditempatkan di posisi yang tepat pula. “Apakah jabatan yang ditempatinya sudah tepat, atau akan dilakukan pergeseran jabatan,” ucap Ikhsan.

Menurut dia, 10 kepala SKPD itu telah menjalani job fit bahkan telah memenuhi syarat guna dirotasi jabatannya, karena terhitung sudah 2 tahun menjabat.(jejakrekam)

Pencarian populer:ALHAK !
Penulis Fery Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.