Kenalkan Pariwisata Balangan Melalui Drama Kabaret di MTQN, DPRD Balangan Berikan Apresiasi

0

ANGGOTA DPRD Balangan Syamsudinoor dan Muhammad Rizkan menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-16 Tingkat Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi, di Desa Sungsum, Sabtu (19/8/2023).

“SAYA sangat mengapresiasi drama kabaret yang ditampilkan tadi, isinya mengenalkan seluruh objek wisata di Kecamatan Tebing Tinggi dan kebiasaan masyarakatnya,” ucap legislator Syamsudinoor.

Dengan beragam objek wisata dan kearifan lokal serta kebiasaan masyarakat yang terdapat di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi satu persatu diperkenalkan kepada tamu undangan lewat ceritanya.

BACA : MTQ Balangan Ke-17 Tahun 2024 Bakal Digelar Di Kecamatan Halong

Diantaranya dari objek wisata Gunung Hantanung, Riam Bainggi hingga Sungai Maranting. Termasuk kebiasaan masyarakat seperti Manoreh (menyadap karet), Bantanjang (menanam padi di sawah) dan Barincah (membersihkan lahan sawah).

Sementara itu, ditemui selesai acara pembina sekaligus pemilik ide cerita dan sutradara Drama Kabaret, Nuril Anwar, mengatakan judul atau tema dari drama itu adalah Basatu Budaya Dalam Wisata-Kasumbungan Buhan Panglima Pangku Alam Budaya.

Nuril menjelaskan drama ini bertujuan untuk memeriahkan pembukaan MTQN ke-16 Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi sekaligus mempromosikan objek wisata dan kebiasaan masyarakatnya.

BACA JUGA :  Lepas Kafilah MTQ, Bupati Balangan Minta Tunjukkan Prestasi  

“Drama Kabaret Merupakan Drama Lipsink Bertajuk Drama Musikal dipadukan dengan komedi segar dan renyah yang disesuaikan dengan kondisi alam dan budaya Tebing Tinggi dengan menganut lagam Bahasa lokal Bahasa Banjar Pahuluan, Hulu Balangan, Yaitu Tebing Tingg,” jelas Nuril.

Ia berharap objek wisata yang terdapat di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan Kalsel bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.