MTQ Balangan ke-17 Tahun 2024 Bakal Digelar di Kecamatan Halong

0

MUSABAQAH Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Balangan ke-17 Tahun 2024 akan digelar di Kecamatan Halong.

KASI Bimas Islam H Wahid Noor Fajeri mengumumkan keputusan tersebut pada Rakerda Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Balangan Tahun 2023 di Aula Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (21/8/2023).

Wahid menekankan pentingnya persiapan yang matang dan kerja sama yang erat oleh panitia dari Kecamatan Halong dalam menjalankan tugas sebagai tuan rumah nantinya.

BACA : Lepas Kafilah MTQ, Bupati Balangan Minta Tunjukkan Prestasi  

Hal ini termasuk persiapan lokasi, fasilitas, pengadaan kebutuhan teknis, serta pemberdayaan masyarakat setempat.

“Karenanya kita bisa bercermin berdasarkan evaluasi pelaksaan MTQ di Kecamatan Tebing Tinggi tahun ini,” tegas Wahid yang juga menjabat selaku Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Balangan tersebut.

Pada kesempatan itu Wahid juga mengapresiasi komitmen dan kerja keras seluruh panitia pelaksana, peserta, dan pihak terkait dalam menjalankan MTQ di Kecamatan Tebing Tinggi.

Dalam evaluasi dipaparkan berbagai pencapaian dan tantangan yang dihadapi, serta pembelajaran yang dapat diambil untuk perbaikan di masa mendatang.

BACA JUGA : Bupati Harapkan MTQ Menjadi Sarana Regenerasi Tilawatil Qur’an Di Balangan

Suasana alam di Kecamatan Tebing Tinggi sungguh asri, terlebih dengan adanya wisata alam anak sungai yang membuat para kafilah bisa sekalian berwisata alam usai bertanding.

“Selain itu, meski jalan menuju lokasi jauh dari perkotaan, namun situasi jalan tetap aman, berdasarkan sejumlah laporan yang kami terima,” terangnya.

Selanjutnya dalam arahannya Wahid menggarisbawahi pentingnya MTQ sebagai salah satu wahana untuk meningkatkan pembacaan Al-Qur’an di kalangan masyarakat.

BACA LAGI : Tak Patok Target, Balangan Kirim 97 Kafilah Di MTQ XXXI Tabalong

Lebih dari sekadar ajang kompetisi, MTQ merupakan bagian dari upaya pengembangan pendidikan agama Islam dan pemantapan akhlak mulia.

Semua pihak harus terus berkomitmen dalam memajukan pengembangan tilawatil Qur’an di Kabupaten Balangan.

“MTQ bukan hanya ajang perlombaan, tetapi juga merupakan upaya bersama dalam mendalami, memahami, dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.