Jadi Contoh Bagi Perusahaan Lain, DPRD Kalsel Apresiasi Penyaluran CSR PT Talenta Bumi

0

KOMISI III DPRD Kalsel melakukan monitoring infrastruktur jalan di Kabupaten Barito kuala. Jumat (25/8/2023).

MONITORING ini berada di PT Talenta Bumi Kabupaten Barito Kuala. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (DIRUT) PT Talenta Bumi Dian Setiawan sampaikan beberapa program terkait kemanusiaan.

“Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) ini menjadi kebijakan top manajemen bahwa Kita bekerja harus mengedepankan CSR,” ucapnya.

BACA : Monitoring Dana Hibah, DPRD Kalsel Sambangi Masjid Istiqamah Di Tabalong

Lebih lanjut, Dian menuturkan beberapa program yang terkait CSR ini. dimana pihaknya salurkan langsung ke penduduk di sekitaran perusahaan atau ring 1 pertahun nya rata-rata Rp 1,8 hingga Rp 2 milyar.

“Kami juga berkontribusi ke Pemda Batola dan kami satu-satunya perusahaan yang salurkan CSR langsung ke Pemda sebesar 500 rupiah per ton dan pada tahun 2022 kita sudah menyetorkan Rp 5,3 Milyar ke kas daerah yang dipakai oleh Biro Kesra Batola,” ujar Dian.

Menurut data perusahaan, jalan hauling atau jalan khusus transprotasi angkutan batubara ini membentang sepanjang 42 Km dari Kabupaten Barito Kuala sampai Kabupaten Banjar. Dan sebanyak 25 IUP Izin Usaha Pertambangan (IUP) perusahaan yang menggunakan fasilitas jalan tersebut.

BACA JUGA :  Atap Bolong Hingga Persoalan Listik Di PBAPL Kotabaru Jadi Sorotan Anggota DPRD Kalsel

Terkait polusi udara, Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel H. Gusti Abidinsyah mengatakan bahwa pihak perusahaan sudah mengatasi area yang mana rentan menimbulkan debu.

“Kita sudah kontrol dan dapat informasi dari masyarakat juga bahwa diarea stockpile yang dulu sering menimbulkann debu, sekarang sudah dikandang dan jalannya pun sering disemprot oleh water truck. Terlebih apabila kondisi angin lagi kencang, perusahaan menghentikan total produksinya dari hulu hingga ke hilir,” jelasnya.

Abidin, sapaan akrabnya menambahkan bahwa penanaman pohon diarea stockpile juga sudah diterapkan sejak dini. “Pihak perusahaan juga menanam pohon guna mencegah abrasi. Dan itu juga menghambat debu yang sering terjadi diarea stockpile,” tambah Abidinsyah.

Melalui Abidinsyah, Komisi III apresiasi PT Talenta Bumi terhadap beberapa program yang cukup terserap oleh masyarakat sekitar. “Ini menjadi contoh bagi daerah tambang atau pengguna IUP maupun pelabuhan-pelabuhan lainnya agar penggunaan CSR harus lebih diperhatikan guna kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutur Abidinsyah.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.