Perbaikan Titian Pulau Bromo Sudah Mencapai 30 Persen

0

TERHITUNG sedari tanggal 21 Juni 2023, pengerjaan titian di Pulau Bromo, Kecamatan Banjarmasin Selatan, menunjukkan progres yang memuaskan, meskipun pengerjaan dilakukan secara terpisah.

DARI hasil pantauan, nampak pengerjaan titian ini dilakukan berpisah-pisah atau dikerjakan secara berkelompok, dan masing-masing kelompok telah mendapatkan titik yang ditentukan.

Salah seorang pekerja menjelaskan, bahwa dalam satu kelompok ini ada sekitar enam orang yang melakukan pengerjaannya, mulai dari memasang tiang, memotong kayu, dan meletakkan papan.

Dimana juga pengerjaan yang dilakukan ini, terlihat mengganggu akses warga yang melintas di sana, kendati demikian akses jalan darurat telah dipersiapkan bagi warga yang lalu lalang.

BACA: Akhirnya, Titian Kayu Di Pulau Bromo Akan Segera Diperbaiki Pemkot Banjarmasin

Namun akses ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki dan tidak memungkinkan bagi untuk kendaraan melintas di atasnya.

“Karna itu untuk masyarakat yang memiliki kendaraan, mau tak mau harus memarkirkan kendaraan agak ke depan,” ucap Samsudin, salah seorang warga di RT 07.

“Biasanya memarkirkan di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) yang ada di RT 06, atau parkir persis di bawah jembatan gantung,” tambahnya.

Meskipun demikian, dirinya mengaku bersyukur jalan titian yang selama ini rusak akhirnya diperbaiki.

Terpisah, Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Umar Rahmani menjelaskan, kenapa perbaikan yang dilakukan ini dilakukan secara terpisah-pisah.

“Ini sebenarnya dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin bekerja,” ujarnya saat ditemui di Balaikota, Selasa (8/8/2023).

Dari situ ia juga menjanjikan, meskipun dilakukan dengan cara seperti itu dipastikannya perbaikan akan benar-benar dilakukan sebaik mungkin, sesuai dengan desain dan rencana awal.

“Kami optimistis pengerjaan rampung sesuai target, yakni di bulan Desember mendatang,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan bagaimana progres keseluruhan dari pengerjaan yang dilakukan saat ini, sudah mencapai sekitar 30 persen.

BACA JUGA: Berbiaya Rp 3,5 Miliar, Ditarget 6 Bulan, Jalan Beton Bisa Dinikmati Warga Pulau Bromo

“Dari total keseluruhan 1.228 meter panjang jalan titian yang akan diperbaiki, mencakup dari RT 04 sampai RT 07, saat ini sudah dikerjakan sepanjang 450 meter,” tuturnya.

Selanjutnya menurut Umar, setelah pengerjaan seluruhnya ini selesai dan terpasang dengan kayu ulin, maka jalan titian akan ditingkatkan dengan cor semen dan pasang pagar pada sepanjang sisinya.

“Peningkatan ini akan dilakukan di Tahun 2024 mendatang, tak hanya itu nantinya untuk titian juga akan dipasangi Penerangan Jalan Umum (PJU),” tutupnya.

Untuk diketahui, perbaikan jalan titian Pulau Bromo ini telah di teken kontrak oleh CV Bangun Cipta Sarana dan memakan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.