Lantik Trio Direksi Baru PAM Bandarmasih, Walikota Ibnu Sina: Tuntaskan Kebocoran Air Bersih

0

TRIO direksi PT Air Minum (AM) Bandarmasih (Perseroda) hasil seleksi 2023 dilantik secara resmi oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Minggu (16/7/2023).

MEREKA yang dilantik pemilik saham terbesar pabrik air konsorsium Pemkot Banjarmasin dan Pemprov Kalsel di jajaran direksi adalah Muhammad Ahdiat sebagai Direktur Utama PT AM Bandarmasih.

Dia didampingi Edwarsyah sebagai Direktur Operasional dan Direktur Umum dan Pemasaran PAM Bandarmasih Syahrani dalam masa kerja 2023-2028. Ketiga direksi terpilih berdasarkan seleksi terbuka yang dilakukan oleh Pemkot Banjarmasin melalui Dewan Komisaris dan Tim Seleksi Calon Direksi PAM Bandarmasih.

Saat melantik jajaran direksi, Walikota Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor, Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman serta sejumlah pejabat teras Balai Kota dan karyawan PAM Bandarmasih.

Sebelum ditunjuk menjabat Direktur Utama PAM Bandaramasih, Muhammad Ahdiat sebelumnya menjabat Senior Manager PDAM Bandarmasih.

BACA : Posisi Plt Dipegang Farida Ariati, Masa Jabatan Dirut PT AM Bandarmasin Yudha Achmady Berakhir

Koleganya dari internal pabrik air yang dilantik adalah Direktur Umum dan Pemasaran PAM Bandarmasih Syahrani yang sebelumnya merupakan Senior Manager Keuangan dan Pelayanan PDAM Bandarmasih.

Sementara, Edwarsyah merupakan pria yang berdomisili terakhir di Batam atau Pekanbaru, Provinsi Kepulauan Rian dan Kepri, tidak asing lagi di PDAM Bandarmasih karena sempat ikut tes seleksi direksi beberapa tahun silam.

Dari jejak kariernya, Edwarsyah pernah bertugas di PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi (2020), PDAM Surya Sembada Surabaya (2021), hingga terakhir di PDAM Tirta Benteng Kota Bekasi dan PT Adhya Tirta Batam, sebelum hijrah ke Banjarmasin. Bahkan, Edwarsyah pun aktif di organisasi kemasyarakatan seperti Muslim Identity Community dan lainnya.

BACA JUGA : Besok, Trio Direksi PAM Bandarmasih Baru Dilantik Walikota Banjarmasin, 1 Orang Asal Batam

Usai melantik trio direksi, Walikota Ibnu Sina mengingatkan pekerjaan rumah PAM Bandarmasih ke depan lebih banyak tantangannya.

“Jajaran direksi terdahulu sudah menuntaskan masa jabatan dengan paripurna. Terlebih lagi saat ini kondisi PAM Bandarmasih berstatus sehat. Jadi, tinggal melanjutkan kebijakan dewan direksi lama,” ucap Ibnu Sina.

Sebagai pemegang saham terbesar PAM Bandarmasih mencapai 85 persen, Ibnu Sina mengingatkan agar raihan prestasi PAM Bandarmasih harus lebih baik di masa jajaran direksi baru.

“Sebab, berdasar hasil audit BPK Perwakilan Kalsel, kondisi keuangan dan kinerja PAM Bandarmasih sudah sehat dan baik. Selamat bertugas untuk direksi baru,” cetus Ibnu Sina.

BACA JUGA : Kinerja PT AM Bandarmasih Dipertanyakan, Alasan DPRD Banjarmasin Tunda Bahas Penyertaan Modal

Dia mengakui pada masa seleksi calon direktur PAM Bandarmasih, cukup banyak yang berminat hingga tercatat sebanyak 19 kandidat, termasuk berasal dari luar Kota Banjarmasin.

“Ada yang paling jauh dari Kota Batam, Kepri. Ternyata, saudara Edwarsyah ini pulang kampung ke Banjarmasin, usai melanglang buana di beberapa PDAM, terakhir di Perusahaan Air Adhya Tirta Batam,” kata Ibnu Sina.

Dia mengingatkan agar jajaran direksi baru kompak dan solid dalam menjalankan tugas. Terutama, dalam memberikan pelayanan pengolahan dan distribusi air bersih yang lebih prima.

BACA JUGA : Paman Birin-Ibnu Sina Tandatangani Akta Pendirian, Langkah Awal Perubahan PDAM Bandarmasih

“Saat ini, warga Kota Banjarmasin sudah mencapai 700 ribu jiwa. Pelanggan PAM Bandarmasih sudah mencapai 179 ribu lebih. Posisi BUMD air minum itu memiliki peran ganda, berorientasi ekonomi demi mendapat profit dan keuntungan, satu sisi orientasi sosial untuk memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya,” imbuh Ibnu Sina.

Dalam catatan Ibnu Sina, masalah PAM Bandarmasih yang jadi sorotan publik adalah masih tingginya tingkat kebocoran distribusi air bersih seperti di ujung Barat Banjarmasin dan Sungai Andai.

“Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan jajaran direksi baru agar kinerja pelayanan memuaskan masyarakat, khususnya pelanggan,” pungkas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.