Syaifullah Tamliha Serahkan Bantuan 1.349 Rehab Rumah dan Irigasi di Kabupaten Banjar

0

PROGRAM rehab rumah dan bantuan irigasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai mitra kerjanya diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha di Kabupaten Banjar.

PENYERAHAN bantuan irigasi dan rehab rumah se-Kabupaten Banjar ini oleh Syaifullah Tamliha didampingi Bupati Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyi secara simbolis di Martapura, Rabu (24/8/2022).

Bantuan rehab rumah dalam program bantuan stimulant perumahan swadaya (BSPS) dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas rumah agar lebih layak huni. Dalam hal ini, masyarakat juga terlibat aktif dalam pelaksanaan pembangunan rumahnya.

Bantuan bedah rumah (BSPS) di Kabupaten Banjar sebesar Rp 20 juta per rumah. Ada sebanyak 1.349 rumah yang mendapat bantuan saat diserahkan secara simbolis politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini kepada Mulkan, perwakilan warga Jalan Cempaka Gang Penawar Desa Jawa Laut, Kecamatan Martapura Barat.

BACA : Sudah Tua Dibangun Belanda, Syaifullah Tamliha : Pintu Air Pakacangan Segera Direhab pada 2023

Rincian bantuan pertama adalah 1.214 rumah berada di Kecamatan Karang Intan, 91 rumah di Kecamatan Aranio, 32 rumah di Kecamatan Martapura dan 12 rumah di Kecamatan Pengaron.

Penyerahan bantuan irigasi tersier kepada kelompok tani di Kabupaten Banjar oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syaifullah Tamliha di Martapura. (Foto Istimewa)

Sementara, bantuan program peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) sebesar Rp 195 juta per kelompok diserahkan Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha secara simbolis kepada Kelompok P3A Mundam Lestari, Desa Jingah Habang Ilir, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Untuk 13 kelompok P3A (kelompok tani) yang menerima bantuan adalah Mundan Lestari Desa Jingah Habang Ilir, Padi Maununduk Desa Mali-Mali, Pariguul Bersatu Maju Desa Pandak Daun, Sari Padi Habulung Desa Sungai Batang.

BACA JUGA : Syaifullah Tamliha Kembali Tebar Ribuan Paket Sembako

Kemudian, kelompok penerima lainnya adalah Kertank Panggal Desa Pangalaman, Segar Berkat Alami Desa Sungai Rangas Tengah, Sumber Jaya Abadi Desa Sungai Rangas Hambuku, Satria Gawi Sabumi Desa Sungai Ilir V, Panggalaman Jaya Desa Panggalaman, Jaya Baya Mandiri Pejambuan, Pematang Mandiri Desa Pematang Panjang dan Barakat Rajin Bersama Desa Sungai Tabuk Kota.

“Ternyata rumah di Kabupaten Banjar dan Kalsel masih banyak yagn tidak layak huni. Ini menjadi kewajiban bagi saya sebagai pimpinan Komisi V DPR RI bidang infrastruktur untuk memperjuangkannya,” ucap Syaifullah Tamliha kepada jejakrekam.com, usai menyerahkan bantuan rehab rumah dan irigasi secara simbolis.

BACA JUGA : Dukung IKN Nusantara, Syaifullah Tamliha Usul Bandara Internasional di Kambitin Tanjung

Menurut dia, berkat perjuangan itu, ada 1.349 rumah tidak layak huni pada tahun 2022 ini akan direhab. “Saya terharu masih banyak rakyat kita belum tertampung pada tahun anggaran 2022. Insya Allah, pada 2023 kita akan bantu lagi paling tidak 2/3 bisa direhab. Apalagi, mereka datang kepada saya sampai menangis,” ucap mantan Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Jabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha Janji Perjuangkan Kue Pembangunan Kalsel

Selain bantuan rehab rumah, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi PPP ini mengatakan bantuan irigasi tersier justru sempat terjadi rebutan antar kelompok tani. “Mereka memang butuh dibantu, apalagi ada kelompok tani atau para petani yang sempat gagal tanam dan gagal panen. Ini tentu butuh atensi dari kami sebagai wakil rakyat di Kalsel,” pungkas Syaifullah.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.