Jangan Jadi Isu Liar, Fakultas Kedokeran ULM Diminta Buka Data Penerimaan Mahasiwa Baru

0

TIGA jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), khususnya Fakultas Kedokteran jadi sorotan, usai siswa dari non eksakta diterima.

DIKETAHUI, calon mahasiswa baru itu berasal dari SMK jurusan teknik komputer, bukan SMA lazimnya yang masuk ke Fakultas Kedokteran dari jurusan IPA (eksakta), bukan dari IPS atau bahasa memicu sorotan warganet khususnya di jejaring twitter.

Dasar kebijakan ini diklaim telah diatur dalam Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), yang mengusung prinsip merdeka belajar.

BACA : Terima Mahasiswa Baru Dari Jurusan IPS, Fakultas Kedokteran ULM Jadi Sorotan Warganet

Berdasar data dari laman sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, untuk ULM sendiri membuka penerimaan mahasiswa baru pada 68 program studi (prodi) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Fakultas Kedokteran memiliki daya tampung 75 mahasiswa baru, diincar 1.364 peminat (2022). Sebelumnya, ada pula lewat jalur prestasi. Saat ini, ULM tengah membuka jalur mandiri yang diujikan di masing-masing fakultas.

BACA JUGA : Membanggakan! Prodi Pendidikan Profesi Dokter dan Sarjana Kedokteran FK ULM Raih Akreditasi Unggul

Koordinator Daerah Komite Nasional Jaring Politisi dan Pemimpin Bersih (KN-JP2B) Kalimantan Selatan, Masrian Noor meminta agar ULM, khususnya Fakultas Kedokteran bisa membuka data dan informasi soal penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024.

“Agar jangan sampai jadi isu liar di tengah publik, tentu data dan informasi bisa dibuka mengapa jurusan non eksata, terlebih lagi teknik komputer bisa diterima jadi mahasiswa kedokteran. Jika mengacu ke Permendikbud, tentu model itu kontraproduktif dengan adanya jurusan di jenjang pendidikan SMA, karena sejak awal sudah disaring soal bakat dan minat siswa,” tutur Masrian Noor kepada jejakrekam.com, Jumat (7/7/2023).

BACA JUGA : Cetak 1.978 Dokter, Fakultas Kedokteran ULM Luluskan 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Terbaik

Masrian Noor berpendapat agar tak menjadi polemik, sebaiknya Fakultas Kedokteran ULM membuka data daftar nilai, terkait passing grade dalam penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024.

“Terutama, pada jalur prestasi maupun ujian tertulis atau berbasis tes. Tentu saja, sekarang lewat jalur mandiri. Dengan begitu, publik bisa mengetahuinya,” tutur Masrian Noor.

Menurut dia, selama ini memang dari seluruh fakultas yang ada di ULM, Fakultas Kedokteran memang paling banyak jadi sorotan.

BACA JUGA : Penuhi SDM Nakes, Fakultas Kedokteran ULM Buka 6 Program Pendidikan Dokter Spesialis

“Apalagi, tahun ini ULM dapat jatah menerima 6.000 mahasiswa baru yang terbagi dalam 3 jalur seleksi. Tentu, banyak kursi atau kuota yang tersedia di kampus itu,” imbuh Masrian.

Sebelumnya, Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri mengungkapkan dalam penerimaan mahasiswa baru memang diperbolehkan lintas jurusan IPA-IPS-Bahasa, berdasar bakat dan minat, khususnya pada Seleksi Nasional Berbasis Prestasi.(jejakrekam)

Penulis Didi GS/Ferry Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.