Penuhi SDM Nakes, Fakultas Kedokteran ULM Buka 6 Program Pendidikan Dokter Spesialis

0

MENGANTONGI izin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang kini berubah jadi Kemendikbudristek, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) membuka program pendidikan dokter spesialis.

ADA 6 program pendidikan dokter spesialis dibuka di Fakultas Kedokteran ULM. Yakni, Pulmologi berdasar SK Kemenristek Nomor 230/KPT/I/2016, Obstetri dan Ginekologi (SK Kemenristek Nomor 245/KPT/I/2016). Dengan SK yang sama juga dibuka program pendidikan dokter spesialis ilmu bedah.

Kemudian, program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan dan anestesiologi berdasar SK Kemenristek Nomor 547/KPT/I/2017. Dan, program pendidikan dokter spesialis penyakit dalam berdasar SK Kemenristek Nomor 132/KPT/I/2018.

Ada dua jalur yang diterapkan Fakultas Kedokteran ULM untuk seleksi penerimaan calon mahasiswa program pendidikan dokter spesialis jalur reguler dan program khusus. Seleksi program penddiikan dokter spesialis ini dihelat Fakultas Kedokteran ULM selama 2 kali dalam tahun akademik baik program reguler maupun khusus.

BACA : Fakultas Kedokteran ULM Kembali Raih Prestasi , Kini Runner Up SPORA 2022

Untuk periode Februari 2023, semester genap tahun akademik 2022/2023 digelar pada Oktober-November 2022, kemudian tes seleksi pada Januari 2023, sehingga bisa mengikuti pendidikan pada Februari 2023 nanti.

Sedangkan, pada periode September 2023, masa pendaftaran dibuka pada Juni-Juli dengan tes seleksi pada Agustus 2023. Ketika sudah dinyatakan diterima, mahasiswa bisa mengikuti program pendidikan dokter spesialis pada September 2023.

BACA JUGA : Cetak 1.978 Dokter, Fakultas Kedokteran ULM Luluskan 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Terbaik

Untuk jalur reguler yang disediakan terus bagi lulusan sarjana kedokteran (S.Ked) atau dokter umum di Fakultas Kedokteran ULM adalah jalur seleksi melalui tes mengutamakan kemampuan akademis yang baik, kesehatan fisik dan mental yang baik. Sedangkan, program khusus adalah penerimaan calon mahasiswa utusan instansi pemerintah pusat/daerah, program kerjasama dengan Fakultas Kedokteran ULM.

Dekan Fakultas Kedokteran ULM, Dr Iwan Aflanie mengungkapkan dasar pembuatan program pendidikan dokter spesialis di kampusnya terkait ada tiga permasalahan utama terkait sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan di Indonesia.

BACA JUGA : Dekan FK Sebut Wewenang Tentukan Kouta PMB Jalur Mandiri di Tangan Rektor ULM

Menurut dokter spesialis forensik dan medikolegal ini, kurangnya dokter umum dan dokter spesialis, tidak meratanya distribusi dokter umum dan spesialis, serta rendahnya mutu tenaga kesehatan (nakes) menjadi pertimbangan utama.

“Dengan adanya pendidikan dokter dan dokter spesialis di Kalimantan Selatan, Fakultas Kedokteran ULM berharap bisa menjadi bagian dalam memecahkan permasalahan bangsa khususnya di bidang SDM kesehatan,” ucap doktor ilmu kedokteran lulusan Universitas Airlangga Surabaya ini kepada jejakrekam.com, Selasa (29/11/2022).

BACA JUGA : Obat Virus Corona Diluncurkan, Simak Telaahan Ahli Farmakologi Fakultas Kedokteran ULM

Masih menurut Iwan, Fakultas Kedokteran ULM juga berharap bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk Indonesia, khususnya Banua Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/11/29/penuhi-sdm-nakes-fakultas-kedokteran-ulm-buka-6-program-pendidikan-dokter-spesialis/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.