Disuntik Dana Rp 4,6 Miliar, Tahap I Rumdin Walikota Banjarmasin Ditarget Rampung Desember 2023

0

PEMBANGUNAN rumah dinas (rumdin) jabatan Walikota Banjarmasin telah digarap kontraktor pelaksana, usai memenangkan lelang pada 21 Maret 2023 bernilai Rp 4,6 miliar lebih.

DITARGET empunya proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin untuk pekerjaan konstruksi tahap I ini bisa rampung pada Desember 2023 nanti. Proyek ini berpagu anggaran Rp 4,7 miliar lebih bersumber dari APBD Banjarmasin tahun 2023.

Proyek pembangunan rumdin Walikota Banjarmasin di lahan bekas kafe remang-remang Jalan Jenderal Sudirman, persinya di dekat jembatan perbatasan Kelurahan Antasan Besar-Pasar Lama, Banjarmasin Tengah ini telah dikerjakan kontraktor pelaksana; CV Citra Maida Difa. Kabarnya, lahan itu milik seorang pengusaha besar Banjarmasin dibeli seharga Rp 31 miliar oleh Pemkot Banjarmasin.

Pantauan jejakrekam.com di lapangan, Kamis (8/6/2023), lokasi lahan proyek telah diuruk dengan tanah merah. Lokasi proyek juga telah dipagar seng bercat hijau. Lokasinya berdekatan dengan kantor Gubernur Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman hingga dari samping tampak bangunan Tugu Pal Nol (Tugu Nol Kilometer) milik Pemprov Kalsel.

BACA : Berbiaya Rp 5,3 Miliar, Rumdin Walikota Banjarmasin Bergaya Aristektur Banjar Segera Dibangun

“Saat ini, proyek pembangunan rumdin jabatan Walikota Banjarmasin di Jalan Jenderal Sudirman itu sudah dikerjakan oleh kontraktor pelaksana,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah kepada awak media di Balai Kota, Kamis (8/6/2023).

Dia menyebut pihak kontraktor pelaksana sudah melakukan kegiatan proyek fisik pada awal Juni 2023. “Saat ini dilakukan pematangan lahan konstruksi. Di atas lahan itu nantinya akan berdiri Rumdin Walikota Banjarmasin,” ucap Yayah, sapaan akrab pejabat perempuan Balai Kota ini.

BACA JUGA: Amankan Lahan Bekas Kafe Remang-Remang Demi Muluskan Proyek Rumjab Walikota

Untuk pengerjaan tahap I ini, Yayah mengatakan pihaknya menarget kontraktor pelaksana bisa menyelesaikan pekerjaannya pada Desember 2023 nanti. Sementara untuk konsultan pengawas proyek ini ditunjuk PT Sekta Gubah Sarana Banjarmasin dengan nilai kontrak Rp 390 juta. Sementara untuk pekerjaan pembangunan rumdin Walikota Banjarmasin tahap I mencakup pekerjaan pendahuluan, pekerjaan tanah/pasir dan pancangan hingga pekerjaan beton bertulang.

Sebelumnya, pada 2022 lalu dengan pagu anggaran Rp 350 juta hingga ditawar CV Dharma Cipta Pratama Banjarmasin seharga Rp 251 juta digarap penyusunan dokumen design engineering detail (DED) untuk pembangunan rumdin Walikota Banjarmasin.

BACA JUGA : Serap 2 Tahun Anggaran, Butuh Dana Puluhan Miliar Demi Muluskan Gedung Baru DPRD Banjarmasin

Direncanakan, rumdin Walikota Banjarmasin ini dibangun dua lantai dengan gaya khas arsitektur Banjar. Fasilitas rumdin Walikota Banjarmasin ini akan dilengkapi pendopo, ruang rapat mini, dan fasilitas pendukung lainnya. Termasuk, dermaga yang menghadap ke Sungai Martapura.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/08/disuntik-dana-rp-46-miliar-tahap-i-rumdin-walikota-banjarmasin-ditarget-rampung-desember-2023/
Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.