Amankan Lahan Bekas Kafe Remang-Remang Demi Muluskan Proyek Rumjab Walikota

0

LAHAN bekas kafe remang-remang di Jalan Jenderal Sudirman, Antasan Besar-Pasar Lama dekat kantor Gubernuran direncanakan akan dibangun rumah dinas (rumdin) Walikota Banjarmasin.

LAHAN tersebut ini pun kini telah diamankan dengan dipagar seng oleh Satpol PP Kota Banjarmasin. Berdasar rencana pada 2022 ini akan disusun dokumen perencanaan teknis detail atau detail engineering design (DED) dan dilanjutkan pada 2003 untuk penggarapannya.

“Memang, kami ditugaskan untuk mengamankan lahan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman di samping bekas kantor Bappeda Provinsi Kalsel. Sesuai rencana memang akan dibangun rumdin walikota,” ucap Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Ahmad Muzaiyin kepada jejakrekam.com, Jumat (28/1/2022).

BACA : Tiga Bangunan Telah Dibongkar, Penataan Pulau Insan Tinggal Selangkah Lagi

Diakui Muzaiyin, awalnya lahan itu sempat digunakan kafe, hingga ditutup hingga pagar seng untuk pengamanan. “Kami hanya mengamankan kawasan itu agar tidak digunakan pihak lain yang tidak berkepentingan,” ucap mantan Camat Banjarmasin Timur ini.

Mengenai peruntukan lahan itu, Muzaiyin mengaku tidak tahu persis. Namun, berdasar informasi dari Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setdakot Banjarmasin, Doyo Pudjadi direncanakan akan dibangun rumdin walikota yang posisinya menghadap ke Sungai Martapura.

“Itu informasi sementara yang kami dapat. Mengenai kapan pemanfaatan lahan itu, kami juga belum tahu. Terpenting, lahan itu sudah kami amankan dulu,” kata Muzaiyin.

BACA JUGA : Wakil Walikota Arifin Noor Minta Baznas Beli Tanah untuk Bangun Rumah Dhuafa

Untuk diketahui, saat ini Walikota Ibnu Sina menempati rumah jabatan di Jalan Dharma Praja yang masuk lingkungan komplek perumahan Pemprov Kalimantan Selatan. Rumah mewah itu kabarnya disewa Pemkot Banjarmasin kepada Pemprov Kalsel.

Sebelumnya, di masa Walikota Sofyan Arpan periode 1999-2004 sempat dirancang untuk rumjab di kawasan Pulau Insan, Jalan Jafri Zamzam. Namun, karena lahan itu milik Pemprov Kalsel, akhirnya proyek itu gagal hingga menyisakan sisa konstruksi bangunan yang belum rampung.Sementara, pada 2021 lalu, rumah jabatan Wakil Walikota Banjarmasin telah selesai digarap pada 2011 senilai Rp 3,6 miliar.

Dari dokumen yang dimiliki jejakrekam.com, justru belum tergambar adanya rencana pembebasan lahan untuk rumjab walikota. Justru dalam alokasi anggaran di Bagian Umum Setdakot Banjarmasin hanya dicantumkan rehab ruang kerja walikota, staf ahli dan lainnya di Balai Kota sebesar Rp 4,1 miliar lebih dan pengadaan meubler segede Rp 1 miliar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.