Godok Rencana Kerja 2023, 600 Peserta Seluruh Indonesia Hadiri Rakernas PSMTI XIX di Banjarmasin

0

RATUSAN anggota Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) datang ke Kota Banjarmasin. Mereka mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIX membahas rencana kerja organisasi warga keturunan ini.

BERTEMPAT di Himalaya Ballroom, Hotel Banjarmasin Indah (HBI), Rakernas XIX PSMTI dibuka oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Jumat (26/5/2023).

Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas XIX PSMTI Herianto mengungkapkan sedikitnya ada 600 peserta berasal dari seluruh Indonesia yang hadir di Banjarmasin.

“Rakernas XIX PSMTI ini membahas rencana atau program kerja organisasi selama tahun 2023. Ada tiga komisi yang membahas dan menangani 16 bidang yang ada di PSTMI,” kata Herianto kepada awak media.

Menurut dia, 16 bidang itu mencakup organisasi, sosial, serta pembahasan mengenai materi atau bahan untuk perubahan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) PSTMI.

BACA : Kenang Pahlawan, PSMTI Kalsel Ziarahi Makam Veteran Tionghoa Pejuang Kemerdekaan RI

Herianto menjelaskan terpilih Kalsel sebagai tuan rumah karena keinginan dari Ketua PSMTI Kalsel Herman Chandra agar mengenalkan Banua ke seluruh Indonesia.

“Sebenarnya jatah Rakernas tahun ini adalah di Medan, Sumatera Utara. Karena hal ini menjadi momen kita, menuju IKN Nusantara sehingga Kalsel menjadi tuan rumah,” kata Herianto.

Sementara itu, Ketua Umum PSMTI, Wilianto Tanta menjelaskan bahwa PSMTI ini berfokus pada sosial, budaya, juga pendidikan dan memiliki visi untuk membantu dan berbagi kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Wilianto Tanta juga berpesan untuk dapat menjaga kekompakan, dan persatuan yang ada. “Sebab, di mana kita bersatu di sana ada kekuatan, baik untuk organisasi kita, masyarakat kita, karena kita harus menerapkan seperti di Pancasila kita, persatuan Indonesia,” paparnya.

BACA JUGA : Persentuhan Budaya Tionghoa-Banjar; dari Kecap, Lontong hingga Bunyi Gamelan di Klenteng

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas dihelatnya Rakernas XIX PSTMI di Banjarmasin. “Semoga berjalan dengan sukses, baik itu persoalan program maupun persoalan lainnya bisa dibahas dalam rakernas ini,” ujar Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Paman Birin senang karena Kalimantan Selatan bisa terpilih menjadi tuan rumah dari perhelatan Rakernas XIX PSTMI. “Mudah-mudahan, seluruh peserta bisa senang dan bahagia berada di Kalimantan Selatan,” ucap Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini, usai memukul tambur bersama Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Ketua Umum PSTMI, membuka resmi perhelatan itu.

BACA JUGA : Bukti Toleransi Umat Beragama, Stand-Stand Pameran Religi Expo Diikuti Beragam Latar

Begitu pula, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengucapkan selamat serta terima kasih dengan terselenggaranya Rakernas PSMTI XIX di Banjarmasin. “Saya kira ini kegiatan semacam ini akan semakin menggeliatkan ekonomi di Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina.

Dia mengucapkan selamat datang bagi para peserta dari seluruh Indonesia, di Kota Seribu Sungai, julukan Kota Banjarmasin. “Semoga acaranya dapat berjalan lancar sampai akhir nantinya,” imbuh Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.