Kenang Pahlawan, PSMTI Kalsel Ziarahi Makam Veteran Tionghoa Pejuang Kemerdekaan RI

0

PERINGATI momen Hari Pahlawan Nasional, belasan pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kalimantan Selatan melakukan ziarah ke sejumlah makam veteran pejuang kemerdekaan RI, pada Rabu (9/11/2021).

ADA empat titik kompleks pemakaman yang disambangi pengurus PSMTI Kalsel. Yakni Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana, Makam Brigjend Hassan Basri, Taman Makam Mulia Sejahtera, hingga Taman Makam Bodhi Karuna.

Satu per satu makam pejuang mereka datangi. Memberikan penghormatan, menabur bunga, hingga menancapkan bendera merah putih ke pusara veteran pejuang.

Para pengurus PSMTI Kalsel menancapkan bendera merah putih di pusara veteran pejuang kemerdekaan RI keturunan Tionghoa. Sumber: Siti Nurdianti/Jejakrekam

Pengurus PSMTI Kalsel, Sugiharto Hendrata, menjelaskan ziarah ini sudah digagas pihaknya sejak tahun 2016 lalu. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan, ziarah juga dimaksudkan untuk melacak informasi pejuang kemerdekaan dari kalangan Tionghoa.

BACA JUGA: Pengusulan Pahlawan Nasional, Syekh Muhammad Arsyad Dulu, Baru Pangeran Hidayatullah

Sebelumnya, sudah tercatat ada 13 pejuang kemerdekaan dari keturunan Tionghoa yang terdata oleh pengurus PSMTI Kalsel. Namun, angka ini dipastikan bakal terus bertambah seiring dengan pendataan yang terus dilakukan. “Karena memang beberapa ada domisilinya tidak lagi di sini, ada pula yang misalnya sudah dikremasi,” kata Sugiharto.

Adapun sosok pejuang dari kalangan Tionghoa yang tercatat turut berjuang adalah Lie Kie Ming. Ia tergabung bersama Brigjend Hassan Basri, pimpinan ALRI Divisi IV Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: 9 November 1945, Medan Laga Pasukan Berani Mati BPRIK Amin Effendy

Lie Kie Ming dikenal sebagai ahli persenjataan. Ia merupakan pimpinan bengkel senjata yang menyuplai senjata untuk keperluan ALRI Divisi IV. Makam Lie Kie Ming berlokasi di Taman Bodhi Karuna, Jalan Ahmad Yani Km 19, Banjarbaru.

Selain Lie Kie Ming, ada pula sosok Kang Bang Yen, Yauw Sim Poe, Thio Eng Hwat, Ong Sioe Le, Jau Kim Hwat Jong Thay King, Joh Gwan Lie, Thio Hin Pang, Teng Jin Bie, Go Hok Tjiang, Ge Tjing Leng, hingga Ong Tiong Sien.

Rata-rata dari nama itu tergabung dalam ALRI Divisi IV. Sugiharto mengatakan, para veteran pejuang dari Tionghoa ini turut berjuang karena dilatarbelakangi kesamaan visi untuk membawa Indonesia merdeka seutuhnya. (jejakrekam)

Pencarian populer:tionghoa
Penulis Siti Nurdianti
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.