Winardi Soetiono Sebut, Generasi Muda Harus Peduli Dengan Politik

0

KALANGAN muda sangat memberikan dampak besar bagi politik yang ada di Indonesia. Karena anak muda adalah generasi pemilih di masa yang akan datang, ungkap H Winardi Soetiono di acara Diskusi Publik dalam Forum AMBIN Demokrasi, Jumat (10/3/2023), di Rumah Alam Sungai Andai, Banjarmasin.

GENERASI muda merupakan penerus tongkat estafet pembangunan negeri ini. “Jikalau anak muda tidak paham dan tidak peduli akan politik, apa yang akan terjadi dengan politik negara ini?” ungkap pengusaha advertising ini.

BACA: Keberadaan Anggota DPD RI Dikuliti Di Forum AMBIN Demokrasi

Kesadaran berpolitik yang tinggi dan demokrasi dalam proses politik harus terwujud sejak dini. “Pendidikan politik itu penting bagi anak muda, karena mereka adalah generasi pemilih di masa yang akan datang, sehingga mereka jangan malu belajar terhadap seseorang untuk memilih perwakilan di parlemen,” ujarnya.

Win, demikian dia sering disapa menambahkan, ketika pemuda ikut dalam proses pemilihan, maka dapat menjadi tanda tegaknya demokrasi. “Mereka harus mengumandangkan demokrasi itu sendiri, dan harus mampu mengubah bangsa ini menjadi lebih baik. Hentikan money politic dalam setiap pemilu,” ucapnya.

“Jangan hanya berbicara di forum seperti ini saja. Tapi di mana pun harus berbicara politik, bagaimana pun mereka generasi muda dan harus tanggap terhadap demokrasi,” tegasnya.

Generasi muda dianjurkan dapat membuka wawasan politiknya, agar opini publik apapun yang diberikan terkait proses politik tidak diterima begitu saja secara mentah. Sehingga paham bahwa suara setiap orang yang ada di negeri ini akan menentukan nasib bangsa.

BACA JUGA: Orang Pilih Anggota DPD Hanya Lihat Ketokohannya, Tapi Kalah Hebat Dengan Anggota DPR RI

“Memilih bukanlah hal yang mudah, namun tidak memilih bukanlah sikap yang bijak. Anak muda harus memilki peran dalam hal politik,” ujarnya lagi.

“Demokrasi kita ini sangat memerlukan generasi anak muda yang bersedia ikut berjuang bersama demi kemajuan negara melalui politik. Anak muda inilah yang bisa mempengaruhi sikap partai politik supaya lebih baik, dan generasi muda juga yang kemudian bisa berbuat sesuatu yang besar untuk bangsa ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.