Terbukti, Gunakan Eco Enzyme, Petani di Desa Batarang Tanbu Sudah Rasakan Manfaatnya

0

ECO enzyme merupakan adalah produk fermentasi berbahan utama sampah organik. Produk ramah lingkungan ini kaya manfaat, difungsikan untuk berbagai keseharian masyarakat, mulai penggunaan rumah tangga hingga pertanian.

PEMBUKTIAN ini dirasakan oleh Samsir, petani di Desa Batarang, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Dari testomi Samsir, terbukti dengan mengaplikasikan penggunaan eco enzyme atau eko-enzim, ternyata kesuburan tanah di sawahnya terbukti meningkat tajam.

“Dengan penggunaan eco enzyme di sawah, padi yang ditanam terlihat lebih subur, sehat serta banyak anakan benihnya yang tumbuh,” ucap Samsir kepada Ketua Pengurus Daerah Eco Enzyme Nusantara (EEN) Provinsi Kalsel, Akbar Rahman, Jumat (17/2/2023).

Samsir menggunakan eco enzyme sejak awal. Benih sebelum ditebar direndam dengan air yang telah ditambah eco enzyme selama 1×24 jam. Lahan sawah yang siap ditanami juga sebelumnya disiram dengan eco enzyme dengan menghitung volume air yang ada di sawah.

BACA : Dilantik Secara Virtual, Akbar Rahman Pimpin Pengurus Daerah Eco Enzyme Nusantara Kalsel

Kemudian, dimasukkan eco enzyme dengan perbandingan yang sangat sedikit yaitu hanya 1 mililiter untuk 10 liter air. Ini diberikan 3 kali sebelum benih ditanam di sawahnya.

Samsir juga mengatakan, setelah usia satu bulan, padinya disemprot lagi dengan eco enzyme dengan perbandingan yang sama seperti di awal tadi sebelum padi di tanam.

BACA JUGA : Tabur Eco-Enzyme di Sungai Martapura, Walikota Ingatkan Filosofi Urang Banjar Pamali Buang Ratik

Dia mengungkapkan selain subur, padinya juga lebih tahan dari hama penyakit. Sebagai bukti, Samsir memperlihatkan sawah tetangganya yang lebih kurus dan terlihat daunnya menguning. Kata Samsir, perbedaan itu, karena sawah tetangganya itu tanpa pemberian eco enzyme.

Ketika ditanya dari mana ia mendapat informasi tentang eco enzyme? Samir menjawab dari relawan Eco Enzyme Nusantara yang pernah berkunjung ke desanya di Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA : Keluhkan Kulit Gatal-Gatal, Relawan Eco Enzyme Nusantara Semprot Kawasan Pekapuran Raya

“Saya ucapkan terima kasih ke relawan Eco Enzyme Nusantara. Semoga lebih banyak masyarakat terutama petani mengetahui tentang eco enzyme dan mendapat manfaat langsungnya,” tutur Samsir.

Menurut Samsir, dengan adanya eco enzyme mengurangi penggunaan pestisida berbahan kimia yang bisa merusak lingkungan dan membuat kesehatan kita terganggu.(jejakrekam)

Penulis Rahman
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.