Dilantik Secara Virtual, Akbar Rahman Pimpin Pengurus Daerah Eco Enzyme Nusantara Kalsel

0

KOMUNITAS peduli lingkungan hidup kini menggabungkan diri dalam Perkumpulan Eco Enzyme Nusantara. Prosesi pelantikan 27 Pengurus Provinsi Eco Enzyme Nusantara, termasuk Kalimantan Selatan dihelat secara virtual pada Sabtu (26/2/2022).

PEMBENTUKAN komunitas dengan jaringan di seluruh Indonesia ini menyikapi semakin tingginya ancaman dari pemanasan global yang berdampak perubahan iklim. Dengan adanya Perkumpulan Eco Enzyme Nusantara berusaha terus menggerakkan relawan untuk melakukan sosialisasi dan pengolahan sampah organik dari rumah tangga.

Manfaat eco enzyme atau eko-enzim adalah salah satunya sebagai solusi pengolahan sampah organik. Selain itu, manfaat dirasaa khususnya di bidang rumah tangga, pertanian dan kesehatan.

Pelantikan Pengurus Eco Enzyme Nusantara di 27 provinsi se-Indonesia pada Sabtu (26/2/2022) juga dirangkai dengan perinatan Hari Peduli Sampah Nasional. Acara yang digelar secara daring ini dihadiri lebih dari 550 peserta. Mereka berasal dari para pegiat eko-enzim nasional dan mancanegara serta aktivis lingkungan hidup sekaligus musisi yakni Nugie.

BACA : Keluhkan Kulit Gatal-Gatal, Relawan Eco Enzyme Nusantara Semprot Kawasan Pekapuran Raya

Acara dibuka oleh Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Republik Indonesia kemudian dilanjutkan penyampaian motivasi dari Dr Joen untuk semua pegiat Eco Enzyme Nusantara selaku Global Advocator of Eco Enzyme.

Paparan para ahli dalam acara pelantikan Pengurus Daerah Eco Enzyme Nusantara di 27 Provinsi di Kalsel secara virtual, Sabtu (26/2/2022).

Direktur Pengurangan Sampah Kementerian LHK, Sinta Saptarina Soemiarno menjelaskan arti pentingnya pengelolaan sampah sejak dari rumah. Hal ini mengingatkan lagi amanat Undang-undang Tahun 2008 Nomor 18 tentang Pengelolaan Sampah.

“Eko-enzim salah satu solusi masalah sampah. Masyarakat dapat mengurangi jumlah sampah organik dengan membuat sampah di rumah,” kata Sinta.

BACA JUGA : Berbahan Gula dan Sampah Organik, Petani KPH Tabalong Dilatih Bikin Eko-Enzim Multifungsi

Senada itu, Dr Joean Oon selalu Global Advocator of Eco Enzyme memberi semangat kepada seluruh relawan eko-enzim di Indonesia untuk terus giat menyebar luaskan pemanfaatan eko enzim. Ia juga secara khusus memberi motivasi kepada pengurus dan pegiat Eco Enzyme Nusantara.

Turut pula dilantik Kepengurusan Daerah Eco Enzyme Nusantara (EEN) Provinsi Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan Akbar Rahman bersama 26 pengurus provinsi lainnya. Khusus, kepengurus Eco Enzyme Nusantara Kalimantan Selatan telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan di kabupaten dan kota di Kalsel.

BACA JUGA : TP PKK Kota Banjarmasin Latih Kadernya Mengolah Eko Enzim

“Kami bersyukur pada hari ini EEN Kalsel telah resmi terbentuk. Ini tentu menjadi penyemangat bagi pegiat eko enzim untuk terus menyebarluaskan manfaat eko enzim bagi masyarakat dan lingkungan,” ucap Akbar Rahman kepada jejakrekam.com, Sabtu (26/2/2022).

Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini berharap semakin banyak gerakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan eko-enzim, maka semakin banyak yang tahu akan sejuta manfaat eko-enzim, khussnya di Kalsel.  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengucapkan selamat kepada Pengurus Provinsi Eco Enzyme Nusantara Provinsi Kalsel yang turut dilantik secara daring. “Kami berharap kita bisa bergerak bersama menuju Indonesia yang lebih indah dan lestari,” tandas Hanifah.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.