Undang Ponpes Tebuireng, Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18 Digelar di Kediaman Paman Birin

0

HAUL akbar ke-18 ulama kharimastik Banua, Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul bakal digelar pada Kamis (26/1/2023) malam, bertepatan dengan 5 Rajab 1444 Hijriyah.

ABAH Guru Sekumpul yang wafat pada 10 Agustus 2005 bertepatan dengan 5 Rajab 1426 Hijriyah. Untuk mengenang ketokohan ulama paling berpengaruh di Banua ini, haul akbar memang tak digelar di kawasan Sekumpul, Martapura.

Namun, berdasar kesepakatan para ulama, haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 pada 2023 ini digelar di kediaman pribadi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor alias Paman Birin. Tepatnya di Jalan Kertak Baru, Kampung Kerampat RT 1, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar pada 26 Januari 2023 mendatang.

BACA : Menghidupkan Tradisi Haul Guru Sekumpul di Tengah Pandemi Covid-19

“Haul akbar ke-18 Abah Guru Sekumpul akan digelar pada malam Jumat pada 26 Januari 2023 di Kampung Keramat, kediaman Paman Birin. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses dan diterima oleh Allah SWT,” ucap tokoh ulama Martapura, KH Wildan Salman atau Guru Wildan, menyampaikan kabar itu.

Kesepakatan ini ditempuh usai para ulama bertemu dengan jajaran Pemprov Kalsel di kediaman pribadi Gubernur Kalsel di Kampung Keramat, Martapura pada Minggu (8/1/2023) lalu, usai acara tasmiyah dan aqiqah cucu pertama Paman Birin.

BACA JUGA : Guru Busu Bacakan Manaqib Guru Sekumpul Di Masjid Noor

Acara ini juga dihadiri sejumlah ulama seperti Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al Banjari, Guru Juhran dan Dr Ahmad Fauzan Saleh, termasuk Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwari.

Kesepakatan ini menyikap usai dua tahun haul akbar Abah Guru Sekumpul tidak lagi digelar secara massal, usai Kalsel dihantam pandemi Covid-19.

“Untuk haul akbar Abah Guru Sekumpul ini akan diundang masyarakat umum dan tamu dari luar daerah,” ucap Guru Wildan.

BACA JUGA : Manaqib Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjary

Tamu dari Pulau Jawa, di antaranya dari para mualim, pimpinan pondok pesantren hingga santri Pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur serta tamu-tamu luar negeri lainnya.

“Dalam haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 ini, hadir KH Ahmad Mustain Syafii, ahli tafsir dari Ponpes Tebuireng Jombang,” kata Guru Wildan.

BACA JUGA : Bacakan Manaqib Syekh Saman, Suguhkan Kopi Pahit dan Manis

Dia mengungkapkan dari informasi yang didapat, tamu-tamu dari luar Kalsel seperti dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah serta luar kota Martapura dari Hulu Sungai, juga menggelar acara peringatan hari wafatnya ulama masyhur tersebut.

“Tentu saja, untuk kawasan Martapura dan sekitarnya akan digelar haul akbar Abah Guru Sekumpul,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.