Pungut Sampah di JPO Banjarbaru Dua, SMAN 1 Banjarbaru Edukasi Warga untuk Jaga Kebersihan

0

KEHADIRAN jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan A Yani Km 34, Loktabat, Banjarbaru benar-benar jadi destinasi wisata dadakan.

ROMBONGAN siswa-siswi SMAN 1 Banjarbaru pun antusias untuk menikmati fasilitas publik bagi pejalan kaki itu. Kesempatan untuk bisa menjajal JPO Banjarbaru ini dilakoni para guru dalam jukan pekan pertama semester genap, usai sempat libur panjang.

Para guru SMAN 1 Banjarbaru yang sekolahnya berlokasi di Jl Keruing No.3 Loktabat Utara, Banjarbaru, mengajak siswanya menyusuri JPO yang baru diresmikan Walikota HM Aditya Mufti Ariffin.

Tidak hanya mengajak menyusuri JPO Banjarbaru Dua saja, guru-guru SMAN 1 Banjarbaru juga menanamkan kepekaan lingkungan pada anak didiknya dengan cara memungut sampah yang mereka temukan di jalan yang dilaluinya terutama puntung rokok yang berserakan di pojok-pojok JPO tersebut. 

BACA : Antisipasi Kejadian Tak Diinginkan, JPO Banjarbaru Dua Dipasang CCTV

“Jumat ini kami memilih kegiatan kesegaran jasmani dan kebersihan. Untuk kesegaran jasmani kami mengajak anak didik jalan santai melalui JPO ini sekaligus turut mengenalkan kepada mereka dan benar saja JPO aman digunakan pelajar maupun para lansia hingga penyandang disabilitas untuk membantunya menyeberang jalan,” tutur Kepala SMAN 1 Banjarbaru Finna Rahmiati kepada jejakrekam.com, Jumat (13/1/2023).

Perihal kebersihan, dalam jalan santai ini mereka turut diajak untuk meningkatkan kepekaannya terhadap kebersihan lingkungan sekitar termasuk kebersihan di JPO yang kala itu ditemui banyak puntung rokok di pojok-pojoknya. 

BACA JUGA : Banjarbaru Sudah Punya JPO, Bagaimana Kelanjutan Rencana 5 Titik JPO di Kota Banjarmasin?

“Dengan kegiatan positif ini, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat juga bahwa kita masyarakat Banjarbaru khususnya punya fasilitas umum berupa JPO yang akan membantu kita menyeberang dan itu kebersihan wajib kita jaga bersama-sama,” ucap perempuan lulusan Universitas Lambung Mangkurat itu. 

Finna menyampaikan bahwa masyarakat harus berperilaku bagus, dan sadar akan kesadaran membuang sampah di tempatnya. Baik itu anak-anak, pelajar, maupun orang tua lainnya. 

BACA JUGA : Ramai di Medsos, JPO Banjarbaru Dua yang Baru Diresmikan Sudah Dilintasi Kendaraan Roda Dua

“Jangan sampai fasilitas umum maupun lingkungan sekitar kita tak terawat karena membuang sampah sembarangan. Apalagi di JPO ini bawahnya bukan arena kosong melainkan lalu lalang kendaraan bermotor,” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Osis SMAN 1 Banjarbaru Audrey Theresa Valensia mengaku senang karena setelah kurang lebih 2 tahun pandemi Covid-19, akhirnya ia dan siswa-siswi lainnya bisa berkumpul, belajar dan bermain bersama di sekolah. 

BACA JUGA : Desainnya Ikonik, JPO Banjarbaru Berubah Jadi Destinasi Wisata Malam Warga Ibukota Kalsel

“Kegiatan ini diikuti semua kelas dari kelas X hingga kelas XII dan kegiatan ini dapat menjadi momen untuk menyatukan mereka semua agar semakin kompak,” ucap siswi kelas XI IPS 1 tersebut penuh semangat. 

BACA JUGA : Diresmikan Walikota, JPO Banjarbaru Dua Bakal Dilengkapi Kamera CCTV

Audrey bersyukur dengan hadirnya JPO itu, warga SMANSA BJB khususnya bisa menyeberang jalan dengan aman dan nyaman. 

“Menjaga kebersihan itu kewajiban kita semua. Dan dengan adanya kegiatan jalan sehat sekaligus bersih lingkungan tersebut hendaknya masyarakat maupun kawan-kawan semua untuk meningkatkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya,” tandasnya.(jejakrekam) 

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.