Dilengkapi Peralatan Modern, JPO Pertama di Banjarbaru Segera Diresmikan

0

PEMBANGUNAN fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pertama di Banjarbaru telah memasuki tahap akhir. Lahirnya ikon baru di Ibu Kota Kalimantan Selatan itu rencananya akan diresmikan pada Kamis (5/1/2023) malam mendatang.

WALIKOTA Banjarbaru,  Aditya Mufti Ariffin  diagendakan secara langsung berhadir dan meresmikan fasilitas JPO yang berlokasi di Jalan A Yani Km 34. Momentum bersejarah itu juga akan turut menampilkan gemerlap lampu JPO serta seni keindahannya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Adi Maulana, mengkonfirmasi kabar tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa dalam rangkaian acara peresmian juga akan dilakukan peninjauan fasilitas JPO.

BACA :  Ditarget Selesai 2023, Dinas PUPR Banjarbaru Rancang Pembangunan Dua JPO

“Insya Allah, Walikota Banjarbaru akan meresmikan secara langsung. Rencananya juga sekaligus meninjau ke atas. Semoga agenda acara nanti berjalan lancar,” katanya, Selasa (3/1/2023).

Adi menuturkan, bahwa fasilitas JPO sudah dapat digunakan masyarakat umum seusai acara peresmian nanti. Tentunya ia berharap infrastruktur ikonik itu dapat dijaga masyarakat, khususnya warga Banjarbaru.

“JPO ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang modern. Sebagaimana harapan Walikota, semoga JPO ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dijaga dengan baik,” tuturnya.

BACA JUGA :  Dirikan Material JPO A Yani Km 34 Banjarbaru, Ruas Jalan Ditutup Sementara, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya!

Pembangunan fasilitas JPO dicanangkan Walikota Banjarbaru yang berangkat dari orientasi kegunaan jangka panjang. Adanya akses penyeberangan yang aman bagi pejalan kaki perlu disiasati secepat mungkin, lantaran kondisi lalu lintas di ibu kota semakin padat tiap waktunya.

Dalam beberapa waktu terakhir, Aditya telah melakukan komunikasi dengan Kementrian Perhubungan RI dan pihak terkait untuk mewujudkan fasilitas JPO pertama di Banjarbaru. Hingga pada awal tahun 2022, rencana tersebut akhirnya mendapatkan lampu hijau dari pemerintah pusat.

Dinas PUPR Kota Banjarbaru sebagai leading sektor pembangunan infrastruktur memulai pembangunan JPO sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Sebelum itu, Dinas PUPR sendiri telah mengkaji dan meminta petunjuk teknis (Juknis) dari Balai Jalan Nasional terkait faktor keselamatan masyarakat.

“Kita perlu memberikan jaminan keselamatan bagi maysarakat saat fasilitas  mulai dioperasionalkan. Oleh karena itu kita banyak komunikasi dengan pihak terkait,” tutup Adi.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.