Api Berkobar Hebat, 5 Rumah dan 3 Sepeda Motor Terbakar di Gang Surya, Jalan Rantauan Darat

0

SI JAGO merah mengamuk di kawasan pemukiman padat penduduk di Gang Surya RT 04 RW 001, Kelurahan Kelayan Selatan, Jalan Rantauan Darat, Banjarmasin Selatan, Senin (5/12/2022) sekira pukul 14.15 Wita.

AKIBATNYA, lima rumah warga dan tiga buah sepeda motor dikabarkan terbakar, hingga menyisakan puing-puing hitam.

Api makin berkobar, karena adanya hembusan angin yang bertiup kencang. Walhasil, awalnya satu bangunan terbakar melalar ke rumah lainnya. Untungnya, petugas pemadam kebakaran dan relawan gabungan langsung berdatangan ke lokasi, sehingga bisa memblokade dan memadamkan kobaran api yang memerah dan kehitam-hitaman agar tak meluas.

Keterangan saksi di lapangan, Hafipah, warga Gang Surya, Jalan Rantauan Darat, Kelayan Selatan mengaku awalnya hanya mendengar teriakan kebakaran dari salah satu rumah yang terbakar, diiringi pukulan lonceng listrik.

BACA : Utamakan Rasa Aman Dan Keselamatan, Relawan Damkar BPK/PMK Kota Banjarmasin Diberi Pelatihan Safety Driving

“Kami langsung keluar dari rumah untuk memastikan asal suara. Ternyata, api sudah membesar membakar sejumlah rumah,” ucap Hafipah kepada jejakrekam.com, Senin (5/12/2022).

Dia menyebut jarak rumahnya dengan lokasi kebakaran hanya terpaut 15 meter. Takut kebakaran meluas, Hafipah dan warga lainnya sempat menyelamatkan beberapa barang berharga dari dalam rumah.

“Kami juga sempat mengevakuasi warga lanjut usia yang rumahnya ikut terbakar. Kami tak ingin ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ucap Hafipah.

BACA: Dari Sidak Posko Damkar hingga Latihan Safety Driving, Ini 5 Kesepakatan dengan BPK/PMK

Tak kurang satu jam, api baru bisa dijinakkan dan dikuasai petugas pemadam kebakaran gabungan. Sekitar pukul 15.30 Wita, api mulai padam dan dilakukan upaya pendinginan di tempat kejadian perkara. Lokasi kebakaran pun kemudian dipasang garis polisi.

Kondisi rumah warga terdampak kebakaran yang menyisakan puing dan sepeda motor yang ikut terbakar di Gang Surya, Jalan Rantauan Darat, Kelayan Selatan, Banjarmasin. (Foto Sirajuddin)

Korban terdampak kebakaran, Agus Ariyanto menyebut awal api itu muncul dari rumah tetangganya di seberang dalam Gang Surya, yakni milik Sholihin.

“Ternyata, api seperti melompat dan menyambar rumah saya. Sebelum petugas dan relawan datang memadamkan api, kami berupaya dengan peralatan yang ada. Ternyata, api kian membesar, hingga beberapa rumah terbakar, termasuk sejumlah sepeda motor yang belum berhasil diselamatkan,” kata Agus.

BACA JUGA : Tahun 2023, Walikota Ibnu Sina Janjikan Relawan Damkar Diasuransikan BPJS Ketenagakerjaan

Data dari BPBD Kota Banjarmasin, terdata pada peristiwa kebakaran di Gang Surya, Kelayan Selatan ini tercatat ada 5 rumah dan 3 sepeda motor terbakar.

Masing-masing milik Agus Ariyanto dengan kondisi terbakar 100 persen dihuni 2 jiwa. Kondisi serupa juga dialami Imin dengan 7 jiwa terdampak dan Sholihin yang dihuni 3 jiwa serta H Khairullah dengan 3 jiwa penghuni. Sedangkan, rumah milik Legium yang dihuni 6 jiwa hanya terbakar sekitar 60 persen.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin Budi Setiawan mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian.

BACA JUGA : Kapolresta Banjarmasin Tegaskan Pentingnya Pembinaan Intensif Untuk Unit Damkar BPK/PMK

“Kami bersama BPBD Kota Banjarmasin mendata para korban terdampak kebakaran untuk diusulkan mendapat bantuan dari Dinas Sosial Kota Banjarmasin,” ucap Budi Setiawan.

Menurut dia, penyebab utama kebakaran di Gang Surya, Jalan Rantauan Darat, Kelayan Selatan masih dalam penyelidikan oleh pihak Polsek Banjarmasin Selatan dan Polresta Banjarmasin.

“Untuk total kerugian akibat kebakaran ini ditaksir ratusan juta rupiah. Sebab, selain lima rumah yang semi permanen, ditambah ada tiga buah sepeda motor ikut terbakar,” pungkas Budi.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.