Habitatnya Terkepung Pemukiman Warga, 27 Ekor Bekantan Diserahkan ke BKSDA Kalsel

0

KETUA DPRD Kalsel H Supian HK menyerahkan 27 ekor Bekantan (nasalis larvatus) kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel untuk selanjutnya dilepasliarkan di Pengembangan Kawasan Konservasi Hutan Rawa Gelam dan Habitat Hewan Langka Bekantan PT Antang Gunung Meratus (AGM) di Kabupaten Tapin.

PENYERAHAN puluhan ekor hewan langka dilindungi dilakukan secara simbolis sebanyak lima ekor yang diterimaKepala Seksi Wilayah 2 Banjarbaru BKSDA Kalsel, Cecep Budiarto bertempat di rumah jabatan Ketua DPRD Kalsel, Selasa (1/11/2022).

“Hewan langka dilindungi yang diserahkan pihaknya ke BKSDA Kalsel ini diterima dari masyarakat, yang berasal dari habitatnya di Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU),” ucap Supian HK.

BACA : Kurung Bekantan Tanpa Izin, Pria Di Pekauman Banjarmasin Ditangkap Polisi

Politisi senior Partai Golkar ini menyebut, dihabitat asalnya, kondisinya sudah tidak memungkinkan bagi hewan langka dilindungi ini untuk berkembangbiak. Pasalnya, di habitat itu sudah dekat dan terkepung dengan pemukiman warga, termasuk dengan kerbau rawa.

“Untuk keberlangsungan hewan langka dilindungi ini, maka setelah kita menerima dari masyarakat, selanjutnya kita serahkan ke BKSDA Kalsel, agar nantinya Bekantan dapat berkembangbiak,” ucapnya.

Supian HK menambahkan, setelah penyerahan secara simbolis lima ekor Bekantan ini, maka selanjutnya sisanya akan menyusul untuk diserahkan ke BKSDA Kalsel, sehingga totalnya nanti diserahkan sebanyak 27 ekor Bekantan.

Dengan penyerahan Bekantan ini ke BKSDA Kalsel, lanjutnya merupakan bentuk upaya kita bersama menjaga keberlangsungan hewan langka dilindungi ini, karena itu masyarakat harus di edukasi pentingnya melindungi hewan langka hampir punah seperti Bekantan dan lainnya.

“Bekantan ini kan hampir punah, maka harus kita pertahankan, kita lindungi dan dikembangbiakkan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.