Jangan Mengulang ‘Kegagalan’ Revitalisasi Pasar Batuah di Rencana Bangun Terminal Tipe C Trisakti

0

ANGGOTA Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Muhammad Isnaini mengingatkan agar rencana pembangunan Terminal Tipe C Trisakti, tidak mengulang kasus rencana revitalisasi Pasar Batuah.

TERLEBIH lagi, lokasi alternatif untuk terminal angkutan kota (angkot) atau taksi kuning serta bus Trans Banjarmasin itu akan menempati lahan Pasar Ujung Pandang, Jalan Barito Hilir, Telaga Biru, persis berseberangan dengan Pelabuhan Trisakti.

“Memang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin sebagai leading sector sudah mengungkap rencana membangun Terminal Tipe C Trisakti. Hanya saja, sampai sekarang, kami belum mendapat informasi utuh mengenai kondisinya di lapangan,” ucap Muhammad Isnaini kepada jejakrekam.com, Jumat (28/10/2022).

BACA : Pasar Ujung Pandang Terancam Digusur Demi Muluskan Bangun Terminal Tipe C Trisakti?

Menurut dia, dalam kasus rencana revitalisasi Pasar Batuah terpaksa harus menggusur pasar ‘sejumput’ berikut pemukiman warga Kampung Batuah di Jalan Manggis dan Veteran, Banjarmasin Timur jangan sampai terulang di rencana Terminal Tipe C Trisakti.

“Sebab, jika rencana semacam ini gagal karena persoalan sengketa lahan atau pembebasan dengan menggusur, jelas banyak kerugian didapat. Dari Pemkot Banjarmasin jelas, begitu pula masyarakat terdampak,” kata Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : DED Berpagu Anggaran Rp 1 Miliar, Pemkot Banjarmasin Rencanakan Bangun Terminal Tipe C Trisakti

Menurut Isnaini, sejatinya sebelum menggolkan rencana bangun Terminal Tipe C Trisakti maka pendekatan persuasif dan humanis harus dikedepankan.

Bagi dia, konsep simbosis mutualisme bisa diterapkan, karena keberadaan Terminal Tipe C Trisakti akan menghidupkan kawasan Trisakti dan sekitarnya, terkhusus dampak ganda secara perekonomian.

“Inilah mengapa, jika nanti misalkan Pasar Ujung Pandang jadi lokasi alternatif, maka harus ada pendekatan humanis. Sebab, dalam kasus Pasar Batuah sudah sepatutnya pemerintah kota bisa belajar, karena adanya penolakan dari masyarakat,” beber Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Hidupkan Trayek Yang Mati Suri, Alasan Dishub Banjarmasin Bangun Terminal Tipe C Di Pelabuhan Trisakti

Isnaini menegaskan pihaknya mendukung penuh rencana membangun Terminal Tipe C Trisakti seperti menghidupkan kembali trayek angkot, serta penghubung antar moda transportasi publik ke Pelabuhan Trisakti. Khususnya, para penumpang kapal laut.

“Apalagi, jika nantinya pembangunan Terminal Tipe C Trisakti ini merupakan berkonsep dana gabungan antara Pemkot Banjarmasin dengan pemerintah pusat, melalui Kementerian Perhubungan,” ucap anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Mana Gerbang Kota di Trisakti? Pulau Bromo Bisa Disulap Jadi Pusat Ekonomi Kreatif

Senada Isnaini, anggota Banggar DPRD Banjarmasin dari Fraksi PDI Perjuangan, Saut Nathan Samosir mengatakan mendukung 100 persen untuk pembangunan Terminal Tipe C Trisakti. Terlebih lagi, tujuannya untuk menata kawasan yang menjadi gerbang Kota Banjarmasin dari laut itu.

“Nanti dalam pembahasan anggaran di DPRD Banjarmasin akan kami pertanyakan kelanjutannya. Apakah nanti sesuai rencana awal pembangunan Terminal Tipe C Trisakti yang akan digarap pada 2024 nanti itu,” tutur Saut.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/28/jangan-mengulang-kegagalan-revitalisasi-pasar-batuah-di-rencana-bangun-terminal-tipe-c-trisakti/,https://jejakrekam com/tag/pasar-batuah/
Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.