Usai Tugas Gubernur DKI Jakarta, Sobat Anies Kalsel Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden RI

0

ANIES Rasyid Baswedan resmi melepas jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, usai digantikan Heru Budi Hartono ditunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

PROSESI pelantikan berlangsung di Sasana Bakti Praja, Kantor Kemendagri di Jakarta, Senin (17/10/2022). Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono langsung dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta berdasar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 100/P tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017-2022 dan Pengangkatan Pj Gubernur DKI Jakarta selama satu tahun kerja.

Untuk diketahui, Anies Rasyid Baswedan terhitung menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 16 Oktober 2017 berakhir pada 16 Oktober 2017. Selama menjabat Anies sempat didampingi Sandiaga Salahuddin Uno hingga mengundurkan diri pada September 2018, usai menjadi calon Wakil Presiden RI mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

BACA : Mampu Merubah Indonesia Menjadi Lebih Baik, Relawan Sobat Anies Banjarbaru Gelar Deklarasi

Di pemerintahan periode kedua, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin, Sandiaga Uno dipercaya menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishuntama Kusubadjo di Kabinet Indonesia Maju pada 23 Desember 2020.

Posisi Wagub DKI Jakarta kemudian digantikan oleh Ahmad Riza Patria sejak 15 April 2020. Riza Patria merupakan ‘urang Banjar’ yang sebelumnya anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, putra dari Ketua MUI Amidhan Shaberah, ulama kelahiran Alabio (Sungai Pandan) pada 17 Februari 1939.

BACA JUGA : Jelang Pilpres 2024, Gerakan Jaringan Relawan Anies Baswedan Makin Massif di Kalsel

Menariknya, pelepasan Anies Rasyid Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Minggu (16/10/2022) pukul 24.00 WIB, juga berlangsung di Banjarmasin.

Dimotori Relawan Sobat Anies Kalimantan Selatan digelar aksi damai di kawasan Siring Menara Pandang, Banjarmasin, Minggu (16/10/2022) sore.

Mereka juga menyosialisasikan pencalonan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu usai diusung Partai NasDem sebagai calon Presiden RI pada 2024 nanti.

BACA JUGA : Emak-emak di Banjarmasin Deklarasi Dukung Anies Baswedan Melaju ke Pilpres 2024

Proses pelepasan balon ke udara di tengah guyuran hujan berlangsung di Siring Menara Pandang, Jalan Piere Tendean,  Sungai Martapura, Banjarmasin sebagai tanda pengantar selesainya tugas Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta.

Pelepasan balon ke udara di Siring Menara Pandang tepian Sungai Martapura di Banjarmasin oleh Sobat Anies Kalsel sebagai tanda dukungan pencapresan Anies Baswedan. (Foto Balsyi)

Bentuk dukungan kepada Anies Baswedan juga dikuatkan dengan pengumpulan tanda tangan di atas poster oleh para relawan yang didominasi para emak-emak ini.

“Pengumpulan tanda tangan ini merupakan bentuk dukungan nyata kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024,” ucap Koordinator Relawan Sobat Anies Kalsel, Verawati Makaminan kepada awak media.

BACA JUGA : Partai NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Menurut dia, Sobat Anies di Kalsel juga menggelar syukuran atas selesainya tugas Anies Baswedan sebagai Gubenur DKI Jakarta untuk berikutnya menatap perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

“Sebab, masyarakat Indonesia menginginkan agar Anies Baswedan bisa memimpin Indonesia, bukan hanya jadi Gubernur DKI Jakarta yang telah usai masa jabatannya,” kata Verawati.

BACA JUGA : DPW Anies Kalsel Dikukuhkan, Gubernur DKI Jakarta Dinilai Layak Pimpin Indonesia ke Depan

Senada itu, Koordinator Relawan Sobat Anies Banjarmasin, Aryadi mengatakan pihaknya terus merapatkan barisan dan berdoa agar Anies Baswedan bisa menjadi Presiden RI.

“Target kami tidak muluk-muluk beliau harus jadi presiden. Adapun negative campaign (kampanye negatif) terhadap beliau (Anies Baswedan) telah dijawab dengan fakta di lapangan dengan prestasi, itu cukup,” tegas Aryadi.(jejakrekam)

Penulis Syahminan/Balsyi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.