Bagi 4 Tim, KPU-Bawaslu Kalsel Verfak 9 Parpol Selesai Sehari, Ketua Partai Sempat Di-video Call

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan verifikasi faktual (verfak) dan pengawasan terhadap 9 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024.

MENARIKNYA, proses verfak untuk syarat menjadi parpol kontestan Pemilu 2024 di Banjarmasin dan Banjarbaru ini hanya berlangsung sehari pada Senin (17/10/2022).

Parpol yang menjalani verfak adalah Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indoensia (Partai Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Ummat.

Satu per satu kantor sekretariat di Banjarmasin dan Banjarbaru ini didatangi petugas KPU Kalsel bersama Bawaslu Kalsel. Mereka membagi diri dalam 4 tim verfak agar proses pengecekan di lapangan bisa berlangsung cepat.

BACA : KPU Umumkan 18 Parpol Lulus Verifikasi Administrasi, Hanya 9 Parpol Non PT Ikuti Verifikasi Faktual

Koodinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kalsel, Hatmiati Masy’ud mengatakan verifikasi dan pengawasan terakhir selesai dilaksanakan di kantor Sekretariat Eksekutif Komite Partai Buruh Kalsel, di Jalan Soetoyo S, Banjarmasin, pada Senin (17/10/2022) sekira pukul 16.30 Wita.

“Seluruh objek verifikasi termasuk keberadaan dan kesesuaian fisik kantor sekretariat partai, hingga kepengurusan 30 persen pada 9 parpol di tingkat Provinsi Kalsel dapat terpenuhi,” ucap Hatmiati kepada awak media.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie mengatakan  ada pengurus dari beberapa parpol yang verifikasinya harus dilakukan melalui panggilan video.

BACA JUGA : 3 Parpol Tak Perbaiki Berkas Verifikasi Administrasi, KPU Banjarbaru Siapkan Verifikasi Faktual

“Ada dua partai yang ketua atau sekretaris atau bendaharanya yang video call yaitu Partai Hanura dan PBB,” ujar Aldo, sapaan akrab komisioner ini.

Ini karena, Ketua DPW PBB Kalsel Ismail Iberahim dan DPD Partai Hanura Kalsel Muhammad Risda tengah melaksanakan umrah di Tanah Suci Makkah-Madinah, Arab Saudi. Sementara Bendahara DPD Partai Hanura, Rizki Niraz Anggraini dikabarkan  tengah berada di rumah sakit, pasca melahirkan.

BACA JUGA : BPKP Kalsel Ingatkan KPU Laksanakan Pemilu 2024 dengan Migitasi Risiko Sejak Dini

“Tapi, mereka bisa di-video call, dan menunjukkan KTP dan KTA (kartu tanda anggota) partainya, jadi tidak masalah,” papar Aldo.

Dia menyebut dari aspek keterpenuhan perwakilan perempuan dalam kepengursan parpol, sudah memenuhi kriteria. Begitu pula, dengan status bangunan kantor kesekretariatan parpol. Dari 9 parpol yang diverifikasi faktual, 6 di antaranya berstatus pinjam pakai dan sisanya sewa.

BACA JUGA : Anggaran KPU-Bawaslu Naik 3 Kali Lipat, Honor Penyelenggara Pemilu 2024 Gede

“Berdasar hasil pengawasan yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi Kalsel pada tahapan verifikasi faktual kepengurusan terhadap 9 parpol calon peserta Pemilu 2024 memenuhi syarat,” beber Aldo.

Selanjutnya, verifikasi faktual dan pengawasan dari KPU dan Bawaslu Kalsel dilakukan terhadap parpol di tingkat kabupaten/kota di Kalsel mulai Senin (17/10/2022) hingga Jumat (4/11/2022) mendatang.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.