Hanya Roda 2, Jalan A Yani Km 171 di Satui Barat Kembali Longsor Tak Bisa Dilintasi Mobil

0

POROS jalan nasional (provinsi) A Yani Km 171 di Desa Satui Barat, Kabupaten Tanah Bumbu kembali mengalami longsor susulan, Jumat (7/10/2022) sekira pukul 09.30 Wita.

KONDISI ini makin memperparah ruas jalan penghubung Kabupaten Tanah Bumbu dengan Tanah Laut-Banjarmasin itu yang sebelum longsor hingga mengakibatkan sejumlah rumah penduduk terperosok di jurang pada Rabu (28/9/2022).

Akibat longsor susulan ini, arus roda empat (mobil) terpaksa dialihkan ke jalur alternatif, mengingat luasan longsor cukup besar. Bahkan, pagar seng yang jadi pembatasan ikutan amblas ke arah jurang, sewaktu longsoran pertama.

BACA : Bupati Zairullah Sebut Jalan Longsor Satui Barat Akibat Dampak Pertambangan Batubara

Petugas Satlantas Polres Tanah Bumbu langsung turun ke lokasi untuk mengamankan arus lalu lintas, khususnya mengalihkan pengendara mobil agar menuju ke jalur alternatif. Untuk sementara, akses jalan itu hanya bisa dilintasi pengendara motor.

Kapolsek Satui Iptu H Hardaya mengatakan pihaknya langsung memasang rambu-rambu peringatan agar pengguna jalan bisa berhati-hati.

BACA JUGA : Penanganan Jalan Longsor Desa Satui Barat Sudah Masuk Program Jalan APBN 2023

Hardaya mengingatkan agar para pengendara bisa lebih berhati-hati saat melintas, terutama untuk menggunakan lajur yang aman dari longsoran.

“Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Namun, sebagian jalan ikut longsor dan mengalami keretakan,” tuturnya.

BACA JUGA : Dinilai Lamban Penanganan Jalan Satui Barat, Warga Pun Tak Dapat Lewat

Kapolres Tanah Bumbu melalui Kasi Humas Polres Tanah Bumbu AKP I Made Rasa membenarkan amblesnya ruas jalan Km 171 di Desa Satui Barat, Kecamatan Satui. Akibat longsoran selebar 5 meter, hingga menyisakan luas badan jalan yang bisa dilintasi selebar kurang dari 1 meter dari tiang listrik yang ada. Bahkan, tanah penyangga terdampak longsoran, mengalami pergerakan di lapangan.

“Longsoran badan jalan ini akibat adanya tekanan berat kendaraan bermotor melintas di ruas jalan itu. Ini diperparah ini lagi dengan tinggi curah hujan beberapa hari di Desa Satui Barat, sehingga membuat kontur tanah makin lunak. Kami telah menerjunkan personel dari Satlantas Polres Tanah Bumbu untuk mengatur lalu lintas di kawasan itu,” ucap Made Rasa kepada jejakrekam.com, Jumat (7/10/2022).

BACA JUGA : Sudah Beri Tali Asih, PT MJAB Bantah Kerusakan 23 Rumah di Desa Satui Barat Akibat Tambang Batubara

Menurut dia, pengalihan arus lalu lintas telah diberlakukan. Di mana, mobil atau angkutan roda 6 atau lebih dari arah Banjarmasin dan sebaliknya diarahkan masuk Simpang Empat ke Jalan Hauling HB Putra dan keluar di Simpang Empat underpass H Abidin.

“Sedangkan, untuk mobil roda 4 dari arah Banjarmasin masuk Gang Munawar Desa Sinar Bukan menuju jalan Hauling HB Putra dan keluar di Simpang Tiga Desa Jombang,” tutur Made Rasa.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/07/hanya-roda-2-jalan-a-yani-km-171-di-satui-barat-kembali-longsor-tak-bisa-dilintasi-mobil/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.