Penanganan Jalan Longsor Desa Satui Barat Sudah Masuk Program Jalan APBN 2023

0

PROGRAM penanganan jalan di wilayah Kalimantan Selatan, termasuk ruas jalan provinsi (nasional) di Desa Satui Barat yang longsor telah masuk dalam APBN tahun anggaran 2023.

DATA ini diungkap anggota DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha kepada jejakrekam.com, Rabu (28/9/2022). “Terkait dengan jalan longsor di Desa Satui Barat, Satui, Kabupaten Tanah Bumbu itu sudah dianggarkan dalam APBN tahun anggaran 2023. Anggarannya sudah diketuk sebelum saya diganti sebagai pimpinan Komisi V DPR RI,” ucap Syaifullah Tamliha.

Untuk diketahui, Syaifullah Tamliha yang sebelumnya Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP digantikan koleganya Muhammad Iqbal dalam rapat penetapan pimpinan Komisi V oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel di Senayan, Jakarta, Selasa, (13/9/2022).

BACA : Kerusakan 23 Rumah Akibat Aktivitas Pertambangan Di Satui Barat, APPLK Laporkan Ke Menkopolkam

Dari daftar yang diperlihatkan Syaifullah Tamliha terinci ada 10 program penanganan jalan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk tahun anggaran 2023 di Kalimantan Selatan.

Yakni, preservasi Jalan Kampung Asam-Asam-Kintap-Sebamban-Pagatan-Batulicin. Kemudian, preservasi Jalan Liang Anggang-Martapura-Batas Kota Rantau. Lalu, preservasi Jalan Kandangan-Lumpangi-Batas Kabupaten Tanah Bumbu-Mentewe.

BACA JUGA : Pemkab-DPRD Tanbu Bentuk Tim Independen Selesaikan Aduan Warga Desa Satui Barat

Gambat satelit garis merah kondisi ruas jalan provinsi (nasional) di Desa Satui Barat yang longsor dan akses jalan baru (kuning) Lingkar Satui. (Foto Istimewa)

Ada lagi, preservasi Jalan Serongga-Sei Kupang-Manggalau-Kerang. Ada lagi, pembangunan Jembatan Gantung, preservasi Jalan Mentewe-Batulicin-Serongga, preservasi Jalan Simpang Handil Bakti-Km 17 (bypass Banjarmasin)-Marabahan-Kandangan.

BACA JUGA : Aduan 23 KK RT 07 Desa Satui Barat Direspon, 3 Keputusan Diambil di RDP DPRD Tanah Bumbu

Berikutnya, preservasi Jalan Pantai Hambawang-Batas Kota Amuntai-Pasar Panas-Kelua-Tanjung. Preservasi Jalan Kotabaru-Tanjung Serdang hingga duplikasi Jembatan Paringin.

Sementara itu, Komisi III DPRD Kalsel juga bereaksi atas kerusakan jalan yang ambles dan longsor di Desa Satui Barat, Tanah Bumbu. “Kami sudah menggelar rapat internal Komisi III DPRD Kalsel. Selanjutnya, akan segera memanggil pihak-pihak terkait,” ucap Rosehan.

BACA JUGA : Wabup Tanah Bumbu HM Rusli : Hentikan Pertambangan di Desa Satui Barat, Siapkan Jalan Alternatif

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini memastikan pihaknya akan memanggil Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Dinas PUPR Kalsel, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas ESDM ,  Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu serta pihak perusahaan yang mengakibatkan jalan itu rusak.

“Kami ingin kerusakan jalan tersebut agar segera diperbaiki agar masyarakat di sana tidak resah , juga arus lalu lintas kembali lancar,” pungkas Rosehan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.