Bupati Zairullah Sebut Jalan Longsor Satui Barat Akibat Dampak Pertambangan Batubara

0

AMBLESNYA ruas jalan nasional A Yani Km 171 di Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, membuat Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar langsung turun ke lapangan, Rabu (28/9/2022).

INSIDEN longsornya ruas jalan provinsi itu terjadi pada Rabu (28/9/2022) dini hari, hingga berapa rumah terdampak pun ikut terjatuh ke jurang.

“Ruas jalan provinsi ini merupakan kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, sehingga perbaikannya menjadi wewenang balai,” ucap Bupati Zairullah Azhar, saat meninjau ke lokasi didampingi pejabat Forkopimda Tanah Bumbu dan Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu, Subhansyah.

BACA : Dinilai Lamban Penanganan Jalan Satui Barat, Warga Pun Tak Dapat Lewat

“Sedangkan, untuk pengalihan arus pasca longsornya jalan ini menjadi domainnya Polres Tanah Bumbu,” ucap Zairullah.

Dia mengakui permasalahan longsornya jalan ini jelas terkait dampak aktivitas tambang batubara. Dengan begitu, kata dia, daerah perlu diikutsertakan dalam masalah perizinan tambang yang ada di wilayah Tanah Bumbu. Utamanya, masalah teknis di lapangan.

BACA JUGA : Sudah Beri Tali Asih, PT MJAB Bantah Kerusakan 23 Rumah di Desa Satui Barat Akibat Tambang Batubara

“Untuk warga yang terdampak amblasnya jalan provinsi akan diupayakan hak mereka sambil berjalan dengan koordinasi lintas sektor. Sementara ini lebih diutamakan penanganan masalah akses jalan utama dulu,” papar Ketua DPW PKB Kalsel ini.

Untuk diketahui, adanya jalan rusak dan  longsor yang  berada di RT 7 Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, sebanyak 29 Kepala Keluarga (KK) dan 107 Jiwa yang menjadi korban. Ada 3 KK yang sudah mengungsi, tersisa 22 KK dan 87 jiwa yang belum mengungsi.

BACA JUGA : Rumah Hj Mahrita Ambruk, Rumah Korban Aktivitas Tambang di Desa Satui Barat Tinggal Tunggu Giliran

Sementara itu, Pemkab Tanah Bumbu juga telah membuat gambar rencana Lingkar Satui yang menghubungkan Sungai Danau ke Sebamban oleh Dinas PUPR Tanah Bumbu. Skesta rencana pembangunan jalan lingkar Satui ini digarap CV Empat Belas.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.