BPTP Kalsel-DKPP Tanbu Tanam Perdana Demplot Padi Penangkaran Varietas Inpari IR Nutri Zinc 

0

UPAYA Penanggulangan Stunting di Wilayah Kalimantan Selatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanbu, menggelar Tanam Perdana Demplot Padi Penangkaran Varietas Inpari IR Nutri Zinc Tahun 2022.

BEGITU pula, Balai Kajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan hal serupa, bersama DKPP Tanah Bumbu, dengan mengalokasikan program Penangkaran Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc, di Desa Manurung, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (29/9/2022).

BACA JUGA: Datangi Kandang Warga, Tim PMK Tanbu Vaksinasi Ternak Sapi

Tanam perdana ini, sebagai awal percontohan bagi Kelompok Tani Suka Maju Desa Manurung, yang diharapkan dapat bergulir bagi semua petani di Tanah Bumbu, untuk melakukan penanaman Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc.

Kepala BPTP Provinsi Kalsel, M Amin, berharap, semoga program ini bisa berhasil dan berkembang luas di Kabupaten Tanah Bumbu. Varietas ini merupakan salah satu varietas yang mampu menanggulangi masalah Stunting.

BACA JUGA: Banyak Lahan Tidur, Andi Amran Siap Bantu ZR Kembangkan Pertanian di Tanbu

“Kami turut mendukung program Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pertanian. Wilayah Tanah Bumbu memiliki potensi pertanian cukup yang luas, sehingga memungkinkan varietas unggul bisa ditanam 2 sampai 3 kali tanam. Pertanian padi bisa terus menerus berkembang di Kabupaten Tanah Bumbu,” ujar Amin.

Kepala Dinas DKPP Tanah Bumbu, H Hairuddin, diwakili Skretaris Dinas DKPP Tanbu, Lamijan, menyebutkan, Pemkab Tanbu sedang gencar – gencarnya menyikapi masalah Stunting, demi meyiapkan generasi unggul yaitu SDM yang lebih baik. DKPP Tanbu berkontribusi untuk penyediaan padi dengan varietas yang punya nilai Nutri Zinc tinggi.

“Ini adalah penangkaran seluas 10 hektar yang dilakukan petani, berdasarkan teknologi BPTP sejauh 6 hektar, dan murni dari teknologi petani ada 4 hektar yang dimaksudkan sebagai pembanding,” papar Lamijan.

Mengenal lebih jauh Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc, jelasnya, Padi Varietas ini memiliki deskripsi umur kurang lebih 115 hari setelah semai, tinggi sekitar 95 cm, berdaun jenis bendera tegak, dengan jumlah gabah/malai sekitar 96 butir, warna gabah yaitu kuning jerami, tekstur nasi yaitu pulen, dengan kadar amilosa sekitar 16.60%, berat 1000 butir sekitar 24.60 gram, rata-rata hasil 6.21 T/Ha GKG, potensi hasil yaitu 9.98 T/Ha GKG.

BACA JUGA: Pilkada Tanbu, Eks Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga ‘Turun Gunung’

Ketahanan terhadap hama yaitu AT WBC buitipe 1,2, AR WBC 3, anjuran tanam dianggap baik ditanam untuk lahan sawah irigasi, pada ketinggian 0-600 mdpl, memiliki Potensi Kandungan Zn 34.51 ppm dan rata-rata Kandungan Zn 29.54 ppm.

Penggunaan salah satu terobosan dalam peningkatan produktivitas padi adalah sistem tanam dengan jajar legowo, bagi petani lebih dianjurkan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Tanbu, Robby Candra, menambahkan, Varietas Inpari IR Nutri Zinc menurut penilaian akurat memiliki gizi yang tinggi dari pada varietas padi lainnya, sehingga cocok untuk kebutuhan Stunting dan masa pertumbuhan anak.

Menurutnya, minimal dari penangkaran ini ada sekitar 3 ton per-hektar dari produksi ini, sehingga benih bisa dikembangkan ditempat yang lainnya oleh semua kelompok tani.

BACA JUGA: Sekda Tanbu Buka Pertemuan Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat

Petani juga mendapatkan bantuan lengkap yaitu benih, sarana produksi, olah tanah dan menyusul bantuan sertifikasi label benih.

“Petani di Tanbu terus bersemangat memproduksi tanaman pangan. Sebab sangat kita perlukan dalam menjaga stabilitas pangan kita,” imbuh Robby Candra.

Hadir Kepala BPTP Provinsi Kalsel, Perwakilan BPSBTPH Prov Kalsel, Sekretaris DKPP Tanah Bumbu bersama tim, Kepala BPP Wilayah Kusan Hilir dan Kusan Tengah serta Petugas Penyuluh Lapangan se-Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Tengah, POPT dan Mantri Tani. (jejakrekam) 

Penulis Muaz
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.