Datangi Kandang Warga, Tim PMK Tanbu Vaksinasi Ternak Sapi

0

KEGIATAN pendampingan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk ternak Sapi digelar di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Senin (8/8/2022).

SEBANYAK 100 dosis vaksin disuntikkan drh. Nanang dibantu 4 orang, serta didampingi Babinsa Desa Manunggal, Pelda Indro Turseno dan Bapak Sujiono selaku Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Petugas kegiatan mendatangi, dari rumah ke rumah para pemilik ternak sapi, dimulai dari RT 21 sampai dengan RT 1 untuk melaksanakan vaksinasi hewan ternak secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu, H Hairuddin, melalui Sekretaris DKPP Tanah Bumbu, Lamijan, mengungkapkan, vaksin PMK digelar sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit PMK. Dan merupakan bentuk pengendalian terhadap wabah PMK pada hewan ternak terkhusus sapi dan kerbau, di wilayah Tanah Bumbu.

BACA: Bupati Ingatkan Motto Kabupaten Bersujud

“Mudah-mudahan kegiatan vaksin ini, hewan ternak menjadi lebih kuat imunnya dan sehat. Dan menjadi target pemenuhan vaksin PMK dapat dicapai pemerintah daerah. Kita tetap bisa mempertahankan zona hijau pada hewan ternak,” tandasnya. 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Bumbu, Berkat, melaporkan, tim telah diturunkan ke seluruh kecamatan guna menyukseskan kegiatan vaksinasi ke hewan ternak. “Vaksin merupakan upaya Pemkab Tanbu dan Forkopimda untuk mencegah penyebaran PMK lebih lanjut di Bumi Bersujud,” katanya. 

DKPP Bidang Peternakan Tanah Bumbu, Satgas Penanggulangan Penyebaran Wabah PMK, berharap dengan kegiatan vaksin tersebut, dapat meningkatkan antibodi dan penguat imun pada hewan ternak. 

Terdapat sebanyak, 19.111 ekor sapi dan 831 ekor kerbau, di Kabupaten Tanah Bumbu, yang rawan terkena penyakit PMK. Pemenuhan target vaksin PMK hewan ternak ini berjumlah 6.000 dosis.(jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.