Pilkada Tanbu, Eks Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga ‘Turun Gunung’

0

PEMILIHAN kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi magnet tersendiri bagi tokoh nasional, seperti Andi Amran Sulaiman.

MANTAN Menteri Pertanian Kabinet Kerja I era Presiden Joko Widodo ini, tertarik turun gunung ke Bumi Bersujud untuk mengajak masyarakat memilih pemimpin yang ideal dan layak membangun Tanah Bumbu.
 
Amran ingin memperjuangkan paslon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu nomor urut 3, Zairullah Azhar dan Muhammd Rusli (ZR). Ia mengajak masyarakat memilih dan mencoblos ZR di tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember 2020 mendatang.
 
Alasannya mengapa masyarakat harus memilih kedua sosok ini sederhana saja: berpengalaman. Selain mantan birokrat handal dan amanah, cabupnya Zairullah Azhar mantan bupati pertama yang mengangkat citra kabupaten Tanah Bumbu hingga ke tingkat nasional.

Karena itulah tiba-tiba Amran Sulaiman rela terbang dari Jakarta menuju Batulicin, untuk menghadiri kegiatan kampanye terbatas paslon ZR. Ia turut menyampaikan orasi di dua tempat, yakni Desa Gunung Antasari dan Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Minggu (25/10).
 
“Jangan coba-coba cari pemimpin tidak berpengalaman. Ibarat mengendarai mobil melintasi jalan sempit, berbelok dan curam, pilih supir yang handal agar selamat sampai tujuan. Jika asal pilih, berbahaya,” ungkapnya di depan Cawabup M. Rusli dan masyarakat yang hadir.
 
Amran mengajak merapatkan barisan bersatu sama-sama berjuang memilih dan mendukung untuk kemenangan paslon ZR. Agar semua program, seperti perbaikan pelayanan kesehatan secara gratis, peningkatan SDM, peningkatan pendidikan usia dini, mendongkrak kesejahteraan guru honorer serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui UMKM, termasuk pemerataan infrastruktur dan pelayanan publik yang ditawarkan ZR bisa terealisasi.
 
“Saat saya menjadi Menteri, Pak Muhammad Rusli mampu berdiplomasi untuk mendapatkan bantuan peralatan pertanian dengan nilai ratusan miliar rupiah untuk kepentingan cetak sawah di Kalimantan Selatan. Itu sebuah prestasi luar biasa. Figur seperti ini pantas untuk menjadi seorang pemimpin,” lanjutnya.
 
Ia menekankan, semua program kerja yang diusung pasangan calon Zairullah Azhar – Muhammad Rusli, bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat Tanah Bumbu. Oleh karena itu, masyarakat harus memberikan kesempatan kepada ZR melanjutkan pembangunan, karena mereka memiliki sejuta pengalaman.
 
“Zairullah figur banyak pengalaman, sementara pasangannya M. Rusli ahli dibidang pertanian. Kita negara agraris, butuh orang pandai disektor ini,” tegasnya.
 
Menurutnya, paslon ZR sangat ideal memimpin Tanah Bumbu. Sehingga ia berharap kepada masyarakat menjatuhkan pilihan untuk paslon ini.
 
“Mereka kembali bukan untuk mencari jabatan, tapi demi pengabdian,” pungkasnya.
 
Ada yang menarik dalam kehadiran mantan Menteri Pertanian ini. Andi Amran Sulaiman tertarik dengan produk lokal warga setempat berupa makanan ringan dari ikan tenggiri yang dikemas secara modern.

Menurutnya, UMKM seperti ini harus dikembangkan agar bisa mendunia. Ia menyarankan masyarakat lain mengikuti jejak pelaku usaha ini, dibawah binaan pemkab nantinya. Semakin banyak pebisnis serupa, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Dalam kesempatan itu, ia sempat menyerahkan kerudung kepada seorang wanita lansia, sekaligus memasangkannya, karena teringat dengan almarhumah ibunya. Menurutnya, filosofi dari aksinya ini, bakti kepada ibu menjadi satu faktor kesuksesan seseorang.
 
“Jadi saya pesan kepada semua yang hadir, hormati dan berbaktilah kepada ibu kalian yang masih hidup. Karena doanya menjadi pintu masuk keberhasilan,” ujar Amran seraya menutup orasinya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.