Luncurkan Senam Kayuh Baimbai Karya KORMI Banjarmasin Jadi Identitas Kota Seribu Sungai

0

MEMPERINGATI Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 dan Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin resmi meluncurkan Senam Kayuh Baimbai sebagai senam milik bersama warga kota berjuluk kota seribu sungai.

SENAM ini dilaunching oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina di halaman Balai Kota Jalan RE Martadinata, Banjarmasin Jumat (30/9/2022). Turut hadir, Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, unsur Forkopimda, satuan kerj perangkat daerah serta Ketua Tim Penggerak PKK Hj Siti Wasilah serta Ketua KONI Kota Banjarmasin Hermansyah serta para instruktur senam dari KORMI Kota Banjarmasin.

“Senam Kayuh Baimbai merupakan senam khas Banjar yang diinisiasi oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Banjarmasin dan kemudian diperkenalkan dan disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina.

BACA : Siap Harumkan Nama Banua di Fornas VI Palembang, Kormi Kalsel Boyong 375 Pegiat

Walikota Banjarmasin ini mengapresiasi karya kreasi KORMI yang melahirkan Senam Kayuh Baimbai, sehingga bisa dimasyarakatkan menjadi cabang olahraga kebugaran.

“Saya nyatakan boleh dipelajari disosialisasikan, karena ini adalah milik bersama, bukan milik seseorang, tetapi milik kita semua,” ucap Ibnu Sina.

Menurut dia, Senam Kayuh Baimbai disosialisasikan kepada seluruh warga dari sekarang dan dari Balai Kota, dalam momentum Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin. Tujuan akhirnya, Senam Kayuh Baimbai ampu menjadi kebanggaan warga Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Tim Tarik Tambang Banjarmasin Raih Emas Pada Festival Olahraga Masyarakat Daerah KORMI Kalsel

“Pada hari ini sama-sama kita latihan di sini, launching hari ini, dimasyarakatkan ke semua kecamatan dan kelurahan dan mudah-mudahan, senam ini menjadi senam kebanggaan kita semua dan identitas Kota Banjarmasin ke depan,” papar Ibnu Sina.

Dalam pengamatannya, kreasi Senam Kayuh Baimbai dengan nada musik yang rancak dan gerakan apik teratur melambangkan semangat kayuh baimbai, bergotong royong, mendayung bersama, supaya sehat bugar semua.

BACA JUGA : Festival Olahraga Masyarakat Daerah KORMI, Paman Birin Ingin Masyarakat Gembira Dan Berprestasi

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Senam Kayuh Baimbai, pada hari ini ulun (saya) nyatakan kita launching secara resmi, selamat mengikuti dan mudah-mudahan kita semua diberikan keberkahan keafiatan kesehatan,” imbuh Ibnu Sina.

Sebelum peluncuran Senam Kayuh Baimbai, juga digelar penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Bank BRI terkait layanan penerimaan pembayaran retribusi melalui fasilitas E-Channel BRI di panggung utama Balai Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.