9 Tips Agar Tetap Sehat Saat Musim Hujan, Ala Dokter Meldy

0

MENJAGA tubuh tetap sehat saat musim hujan penting dilakukan oleh siapa saja, khususnya orang yang tinggal di negara tropis. Hal ini karena saat musim hujan tiba, tubuh bisa lebih rentan terserang penyakit, mulai dari flu, diare, hingga demam berdarah.

PERALIHAN musim menjelang musim hujan bisa membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih lemah, sehingga rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit juga menjadi lebih sering muncul karena kondisi di musim hujan mendukung pertumbuhan virus dan bakteri.

Seperti yang diungkapkan dr Meldy Muzada Elfa, flu dan pilek, berasal dari infeksi virus seperti influenza atau virus common cold, yang dapat menyebar lebih mudah selama musim hujan.

BACA: Masuki Musim Penghujan, Obat Flu, Pilek dan Batuk Laris Manis

Demam Berdarah dan Tifoid, adalah penyakit yang juga dapat meningkat pada musim hujan, terutama karena kondisi lingkungan yang lebih lembab, memungkinkan berkembang biaknya faktor penyakit seperti nyamuk aedes aegypti dan bakteri salmonella typhi.

Berikutnya, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), seperti bronkitis dan pneumonia, juga cenderung lebih sering terjadi selama musim hujan.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam ini, ada 9 tips pencegahannya agar tubuh tetap sehat, yakni

  1. Mencuci tangan, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, setidaknya 20 detik, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet atau bersin.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, dan remote TV, secara teratur.
  3. Menjauhi orang yang sakit. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, terutama jika mereka memiliki gejala seperti batuk, atau pilek.
  4. Mengonsumsi makanan sehat, dengan makan makanan bergizi dan seimbang, serta konsumsi vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh.
  5. Tetap terhidrasi, dengan minum yang cukup, seperti air putih, jus, atau sup hangat.
  6. Berolahraga secara teratur, dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  7. Menghindari kerumunan, dan tempat-tempat ramai jika memungkinkan, terutama jika sedang sakit atau dalam kondisi rentan.
  8. Memakai masker, dapat membantu melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyebaran penyakit, terutama di tempat-tempat umum atau saat berinteraksi dengan orang lain.
  9. Vaksinasi yang sesuai dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit yang umum terjadi selama musim hujan, seperti vaksin influenza untuk melindungi dari flu, dan vaksinasi untuk demam berdarah atau tifoid jika diperlukan.

“Pesan saya, jika mengalami gejala yang mencurigakan seperti demam tinggi, batuk yang parah, atau kesulitan bernapas, segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan perawatan yang tepat,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.