Tahun Baru Imlek 2575, Arak-arakan Barongsai Sambangi Kawasan Pasar Sudirmampir dan Cempaka

0

TAHUN baru Imlek 2575 tinggal beberapa saat lagi, umat penganut Tri Dharma di Banjarmasin, bersiap menyambutnya.

SATU hari menjelang perayaan tahun Naga Kayu yang melambangkan kekuatan, kemakmuran, keberuntungan, kehormatan hingga kesuksesan, dimanfaatkan para seniman barongsai, dengan mengarak barongsai dan melakukan atraksinya, sejak pagi, pada Jumat (9/2/2024).

Seperti yang dilakukan oleh grup barongsai Raymoni, yang beralamat di Jalan Veteran, Banjarmasin. Puluhan anggota memainkan barongsai dengan diiringi tabuhan gendang yang khas, menjadikan harmoni dengan tarian barongsai lebih atraktif dan lincah.

BACA: Lebih Andalkan Produk Lokal Banjarmasin, Kue Keranjang Imlek Laris Manis

Mereka memainkan dari satu pintu toko ke pintu toko lain, milik warga keturunan Tionghoa yang ada di kawasan Pasar Sudimampir dan Pasar Cempaka, Banjarmasin.

Menurut mereka, atraksi barongsai sejatinya memiliki makna religius sebagai penghubung manusia dengan alam gaib. “Karena ini tari ritual sakral, dan hanya dilakukan pada waktu tertentu dan untuk tujuan tertentu pula,” kata salah satu anggota grup Barongsai Raymoni.

“Kemungkinan hari ini aja kami melakukan atraksi barongsai, sebab ada imbauan terkait minggu tenang,” imbuhnya.

Sementara, Anton warga Jalan Sudirmampir berharap, dari perayaan tahun baru Imlek, mudah mudahan di tahun Naga Kayu ini semuanya mendapat limpahkan rezekidan kesehatan, serta dipermudahkan segala urusannya,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.