Siap Harumkan Nama Banua di Fornas VI Palembang, Kormi Kalsel Boyong 375 Pegiat

0

KONTINGEN Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kalimantan Selatan telah tiba di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Duta Banua ini akan mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI.

KEDATANGAN 375 pegiat dan offisial kontingen Kalsel yang diketuai Staf Khusus Gubernur Kalsel, Dr Taufik Arbain disambut  Karo Ekonomi Setda Pemprov Sumsel, H Afrian Joni, saat tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis (30/6/2022).

“Kami yakin pegiat-pegiat akan mendulang hasil yang baik karena bakat anak-anak Kalsel ini dalam bidang olahraga sudah sering mengharumkan nama Banua di nasional,” ucap Taufik Arbain.

Sebanyak 56 Induk Organisasi (Inorga) akan dipertandingkan dalam Fornas VI kali ini. Di antaranya olahraga modern yang bersifat massal dan permainan tradisional. Seperti lomba tarik tambang, panahan tradisional dan panahan berkuda hingga lomba perahu bidar khas Palembang Sumsel.

BACA : Tim Tarik Tambang Banjarmasin Raih Emas Pada Festival Olahraga Masyarakat Daerah KORMI Kalsel

Menurut Taufik, harapan Ketua Kormi Provinsi Kalsel, H Sahbirin Noor yang juga Gubernur Kalsel adalah para pegiat (atlet) dapat meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerah.

“Kami yakin pegiat-pegiat akan mendulang hasil yang baik karena bakat anak-anak Kalsel ini dalam bidang olahraga sudah sering membawa prestasi bagi daerah di nasional,” ucap akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini.

Sementara itu, data panitia Fornas VI dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, sudah seluruhnya mengirim perwakilan dan menginput data pegiatnya.

BACA JUGA : Emban Sebagai Ketua KORMI Kalsel, Paman Birin Gelorakan Olahraga

Diketahui, terkumpul sebanyak 11.080 peserta kontingen (PK) pertandingan, jika dilihat berdasarkan kategori komisi, saat ini terdata bahwa kategori Olahraga Kesehatan Kebugaran (OKK) sejumlah 31 persen atau 3.400 PK

Kemudian, Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) sejumlah 24 persen atau 2.722 PK, serta Olahraga Tradisional Kebudayaan (OTKB) sejumlah 45 persen atau 4.958 PK. 

Keterlibatan Inorga dalam Fornas di setiap provinsi sendiri tercatat ada sembilan provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalsel, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah. Sementara yang menginput lebih dari 30 Inorga.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.