Wabup Tanah Bumbu HM Rusli : Hentikan Pertambangan di Desa Satui Barat, Siapkan Jalan Alternatif

0

WAKIL Bupati HM Rusli secara tegas melarang kegiatan pertambangan ditepi Jalan Raya Propinsi yang menimbulkan dampak pada pemukiman masyarakat.

“SEKALI lagi saya tegaskan, hentikan kegiatan pertambangan dan siapkan jalan alternatif,” tandas HM. Rusli, saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Tanah Bumbu, terkait dampak aktivitas tambang batubara di Desa Satui Barat, di Batulicin, Selasa (6/9/2022). 

Dia menyakini, imbas pertambangan yang terjadi di Satui Barat lambat laun merusak Jalan Raya Propinsi, sebab kini jalan tersebut sudah mulai retak.

“Jadi, ini bukan sekedar cerita saja, tapi saya sendiri saat menuju ke Banjarmasin mengalami. Malah mobil saya pun oleng hingga mau terbalik, akibat kondisi Jalan Raya Propinsi di Satui Barat,” tandasnya. 

BACA: Insiden Tambang Longsor di Mantewe Tanbu, Kapolda Kalsel: Sudah Ada Tiga Tersangka

Ia pun mengaku, berhenti ketika kejadian itu. “Saya sendiri stop mobil melihat kondisi jalan di daerah yang mengalami keretakan, dan berbahaya, ” ujar Wabup. 

Terkait persoalan ini, Ia bersama Staf Ahli Bupati Ustadz Hamzah langsung mendatangi Balai Jalan PU. Di sana sudah dijelaskan, bebernya, dan tidak ada anggaran untuk membuat Jalan Nasional Baru. Tapi ada hanya anggaran pemeliharaan. Jadi, Jalan nasional ini wajib dijaga dan dipelihara.

BACA JUGA : Rumah Warga Nyaris Ambruk, 22 KK RT 07 Desa Satui Barat Terdampak Aktivitas Tambang Batubara

Untuk itu, Rusli pun berharap agar perusahaan PT MJAB melakukan stop aktivitas pertambangan. “Sekali lagi saya tekannya, pihak perusahaan dalam hal ini PT. MJAB menstop aktivitas pertambangan, dan sesegera mungkin membuatkan jalan alternatif, ” pinta wabup.

Kalau saja terputus, ucap Wabup, tentu berdampak kepada pengguna jalan dalam hal ini warga Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru bahkan Provinsi Kalimantan Timur, sebab jalan ini adalah jalan provinsi. (jejakrekam) 

Pencarian populer:tambang jalan tanah bumbu
Penulis Muaz
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.