Hari Jadi 496 Tahun Banjarmasin di jrektv, Dr H Subhan Syarief: Kota Yang Memiliki Karakter, Khas Etnik dan Unik

0

“NGobrol Pinggiran (NGopi) Akhir Pekan, sebuah acara diskusi rutin yang digelar media online jejakrekam.com di Studio Jrektv Jl. Mahoni 103, Banjar Indah Banjarmasin.

BAPAPANDIRAN dipinggir kali ini, mengangkat “Peringatan Hari Jadi 496 Tahun Kota Banjarmasin”.  Di sesi 1 diangkat  Topik “Catatan Kritis Kota Banjarmasin di Usia ke 496 Tahunnya dalam Menyongsong Usia 5 Abad-nya”. Mungkinkah Mampu Berbenah?.

Persoalan ini, merupakan pertanyaan besar yang dimunculkan podcast jejakrekam.com.  Menghadirkan Pemerhati Perkotaan Dr. Ir. Subhan Syarief MT. Ia juga seorang kritikus dan praktisi, dan kehadirannya dipandu Jurnalis senior Muhammad Rasyidi.

BACA JUGA: NGopi jrektv, Konsep Penanganan Banjir dan Pembangunan Berkelanjutan

Pada obrolan tersebut, Subhan Syarief mengungkapkan, Kota Banjarmasin merupakan sebuah kota yang punya karakter khas sekaligus etnik dan unik. Bahkan, sebutnya, ada 2 keunggulan dan potensi kompetitif yang dimiliki Kota Banjarmasin.

“Ya, cuma sayang, dalam hal Pembangunan ataupun Penataan Kota Banjarmasin, hal potensi tersebut belum bisa maksimal dan dimunculkan,” papar mantan Ketua LPJK Provinsi Kalsel ini.

BACA JUGA: NGopi jrektv,  Nasrullah dan Meldy Urai 77 Tahun Merdeka, Apa Yang Kita Dapatkan?

Menurutnya, masalah yang dihadapi Kota Banjarmasin ke depan juga diulas. Seperti, bagaimana hal terkait limpahan air yang senantiasa memunculkan masalah. Kemudian bagaimana juga potensi pasar-pasar sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi kota yang terabaikan. “Kondisi Kota Banjarmasin yang ke depannya bisa saja tak lagi menyandang status sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan juga menjadi perbincangan menarik,” tandas alumni Doktor Universitas Sultan Agung Semarang ini.

BACA JUGA: 77 Tahun, NGopi jrektv ‘Merdeka Secara Seremoni, dan Subtansinya Belum Merdeka

Lalu, sambung mantan Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Intakindo) Kalsel ini, bagaimana kiat Kota Banjarmasin menyikapi kondisi tersebut. “Dan kemudian model kepemimpinan seperti apa yang dibutuhkan Kota Banjarmasin. Dapat dikupas dalam Ngobrol Pinggiran (NGopi) Akhir Pekan Jrektv secara berseri,” imbuhnya.

Untuk jelas dan lengkapnya, dapat kita disaksikan di chanel jrektv (NGopi) Akhir Pekan. Jangan lupa Subscribe, Like dan Share Youtube, FB, IG jrektv. Demi kemanfaatan ke depan secara bersama-sama. (jejakrekam)

Penulis jrektv
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.