Polsek Martapura Kota Temukan Mobil Ambulans Dicuri di Bengkel Desa Penggalaman

0

MOBIL ambulans bekas Puskesmas Sungai Tabuk yang sempat raib digondol maling, akhirnya ditemukan petugas Polsek Martapura Kota di Desa Penggalaman, Martapura Barat.

ANGKUTAN operasional aset Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bernomor polisi DA 359 BB selama ini terparkir di belakang gedung DPRD Kabupaten Banjar, atau masuk area perkantoran Pemkab Banjar, Martapura.

Gara-gara hilangnya mobil ambulans, membuat Pemkab Banjar sempat heboh. Apalagi, pencurian itu justru bertepatan dengan saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, dan berlokasi di wilayah perkantoran pemerintah daerah.

Kapolsek Martapura Kota, Iptu Supriyadi mengungkapkan mobil ambulans ditemukan di sebuah bengkel di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat pada Sabtu (19/8/2022) malam pukul 20.30 Wita.

BACA : Copot Dulu Orderdil, Mobil Ambulans Eks Puskesmas Sungai Tabuk Raib Dicuri

“Usai mendapat laporan dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, kami melakukan penyelidikan atas kasus itu. Dari hasil penyelidikan didapat mobil ambulans ini berada di sebuah bengkel di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat,” ucap Kapolsek Martapura Kota ini kepada awak media, Senin (22/8/2022).

Menurut Supriyadi, ternyata mobil ambulans itu dititipkan di salah bengkel di Desa Penggalaman. Kondisi mobil itu cukup memprihatinkan. Ban bocor dantidak ada aki (accu) sehingga harus diderek untuk diamankan di Polsek Martapura Kota.

“Saat ini, kami belum menetapkan siapa terduga pelaku pencurian mobil ambulans mili Pemkab Banjar ini. Sebab, masih tahap penyelidikan (lidik), sehingga membutuhkan keterangan saksi-saksi,” kata Supriyadi.

BACA JUGA : Bupati Saidi Mansyur Target 100 Persen Aset Tanah Pemkab Banjar Sudah Bersertifikat

Diakuinya, memang Pemkab Banjar melalui Dinas Kesehatan sudah menjadi pelapor, namun karena masih dalam tahap penyelidikan, sehingga belum diarahkan siapa yang akan jadi tersangka. “Yang jelas kasus ini masih berproses, dan ada dua saksi dari Dinkes Kabupaten Banjar yang akan diminta keterangan terlebih dulu,” tutur Supriyadi.

Terpisah, Kasubag Keuangan dan Aset Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Hamdani mengatakan usai ditemukan mobil ambulans tersebut dilanjutkan dengan melengkapi berkas laporan pencurian aset. “Dengan melengkapi berkas ini akan memudahkan aparat kepolisian dalam memburu pelakunya,” kata Hamdani.

BACA JUGA : Pansus DPRD Banjar Temukan Aktivitas Tambang Liar di Bekas Lahan PKP2B PT BIM

Menurut dia, laporan kehilangan mobil ambulans sudah dibuatkan berita acara oleh pihak Polsek Martapura Kota. “Kami juga diminta untuk melengkapi laporan dengan menyiapkani surat kelengkapan mobil ambulas seperti STNK, dan BPKB,” ungkap Hamdani.

Berdasarkan data terhimpun, selain mobil ambulans milik Pemkab Banjar yang dicuri. Di samping, mobil ambulans tersebut ada mobil L300 yang juga milik Pemkab Banjar yang dijarah onderdilnya.

Mobil L300 aset Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar tersebut dijarah ban dan velg-nya, kedua pintunya, AC dan jok. Kemudian, diduga pelaku penjarahan dan mobil ambulans adalah orang yang sama.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.