Gali Potensi Calon Sastrawan, Kindai Seni Kreatif Helat Kemah Sastra Pelajar se-Kalsel

0

KEMAH Sastra Pelajar se-Kalimantan Selatan diinisiasi Kindai Seni Kreatif (KSK) digelar sejak Jumat (1/7/2022) hingga Minggu (3/7/2022) di Jalan Kurihing 8, Landasan Ulin Utara, Banjarbaru.

SEBANYAK 62 pelajar dari lima sekolah di Kalsel yakni SMPN 4 Paringin, SMAN 1 Tamban, SMKN 1 Binuang, SMP Muhammadiyah Banjarbaru, dan SMPN 11 Banjarbaru turut serta mengikuti acara ini.

Penanggung jawab acara Kemah Sastra Pelajar se-Kalsel, Ali Syamsudin Arsy (Asa) mengungkapkan kemah sastra ini berbeda dengan Perjusami (Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu).

“Pada kemah sastra ini peserta lebih dipusatkan kepada materi-materi sastra seperti pelatihan kepenulisan baik puisi, cerpen, artikel dan sebagainya. Kemudian juga ada pentas-pentas dari peserta maupun penampil yang telah disiapkan,” ucap penyair kawakan Banua ini saat ditemui jejakrekam.com di Kindai Seni Kreatif Banjarbaru, Sabtu (2/7/2022).

BACA : Gandeng Kindai Seni Kreatif, Balai Bahasa Kalsel Buka Kelas Berani Menulis

Ia menjelaskan kemah sastra ini pertama kalinya digelar. Even ini tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut. Para peserta pun tak hanya dari pendidikan umum, tapi nantinya akan terbuka lebih luas lagi.

“Kalau ini berjalan lancar, insyaallah kami akan menggelarnya lagi. Bahkan bisa jadi mengundang teman-teman sastrawan dari luar Kalimantan,” beber Ali Syamsudin Arsy.

Para pelajar se-Kalsel saat mengikuti kemah sastra di Kindai Seni Kreatif (KSK) Banjarbaru dengan materi pelatihan yang mumpuni. (Foto Sheilla Farazela)

Perihal dana, selain pihaknya memperoleh dana insentif atas pembayaran peserta yakni untuk regu Rp 300 ribu, dan personal Rp 150 ribu, penyelenggara juga mendapat bantuan dari beberapa sumber. Termasuk bantuan banyak datang dari personal dari teman-teman berkesenian.

BACA JUGA : Dihiasi Seni Pertunjukan, Kindai Gelar Lima Malam Menuju Hari Sumpah Pemuda

Kemudian, untuk agenda yang diberikan pada kemah sastra ini bermacam-macam seperti halnya bincang motivasi, pentas seni, upacara sastra ala KSK, pelatihan menulis sastra, latihan olah vokal, dan lainnya.

Irmayanti dari SMKN 1 Binuang, salah satu peserta kemah sastra yang menyukai kepenulisan menuturkan bahwa dirinya sangat senang dalam mengikuti kemah sastra tersebut.

BACA JUGA : Meriahkan Malam Salikur, Kindai Seni Kreatif Gelar Tadarus Seni

“Perasaannya sangat senang, kemah sastra ini bukan seperti kemah yang sering dijumpai. Apalagi materi-materi yang dibawakan sangat jarang didapati di sekolah, khususnya seperti materi latihan vokal, gestur, dan mimik, jadi bisa memperbaiki kekurangan saya dibagian apa,” ucap Irmayanti.

Terakhir, Asa sapaan akrab Ali Syamsudin Arsy berharap dari Kemah Sastra ini selain melatih para peserta agar mereka intens dalam menulis, juga untuk membuka potensi-potensi calon sastrawan muda di Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.