MoU Kawasan Kota Lama Dan kampung Ketupat, Pulihkan Ekonomi Bersama Pengembang

0

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina memimpin acara ekspose Kampung Ketupat sekaligus penandatanganan MoU kawasan Kampung Ketupat dan Kota Lama, di Balai Kota Banjarmasin, Kamis (16/6/2022).

TURUT hadir, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin Machli Riyadi, serta pihak pengembang pembangunan.

H Ibnu Sina menyampaikan tujuan kegiatan itu merupakan ekspose yang kedua sekaligus penandatanganan MoU antara pihak pemkot dengan pihak pengembang terkait pelaksanaan pembangunan kawasan Kota Lama dan Kampung Ketupat.

“Kami baru saja melaksanakan Ekspose dan MoU dengan pihak juru.id dari Jogja terkait dengan Kampung Ketupat dan Kota Lama,” ucap H Ibnu Sina.

BACA: Konsep Baru, Kawasan Kota Lama Bakal Disulap Jadi Tempat Bersantai Yang Nyaman

Ia mengungkapkan, pada tahun 2022 akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan fasilitas pendukung seperti jembatan underpass yang mengapung, terhubung dengan Kawasan Wisata Mandiri (KWM).

“Mudah-mudahan kawasan itu menjadi berkembang. Kemudian, menjadi tempat yang nyaman suasana pinggir sungai sehingga menjadi water front city di Banjarmasin,” beber H Ibnu Sina.

“Di KWM itu viewnya paling bagus karena berhadapan dengan maskot Bekantan kemudian juga dengan Jembatan Dewi. Semoga suasana malam hari semakin bagus dan dapat dikelola dengan bagus,” tambahnya.

Adapun alasan mengapa pihaknya menyerahkan pembangunan kawasan itu ke pengembang karena mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada belum tentu bisa mengelola, sehingga diserahkan kepada pihak yang profesional pada bidang tersebut.

BACA JUGA: Raup Keuntungan, Pedagang Ketupat Kampung Wisata Sungai Baru Banjir Orderan

“Apabila dikelola pemerintah kota itu belum tentu semua bisa, karena pegawai kita ini kan tidak didesain untuk jadi pengusaha, jadi pedagang, pengelola kuliner,” beber H Ibnu Sina.

“Kita hanya memfasilitasi, kemudian, memberikan kesempatan kepada dunia usaha dan ini juga dalam kolaborasi pentahelix ABCGM,” lanjutnya.

Kemudian, H Ibnu Sina berharap pembangunan kawasan itu dapat diresmikan pada saat hari jadi Kota Banjarmasin yakni pada bulan September mendatang, dan tujuan lain dari pembangunan tersebut yaitu lebih berorientasi pada pemulihan ekonomi.

“Insyaallah mudah-mudahan pas hari jadi Kota Banjarmasin bisa diresmikan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.