Bikin Aplikasi Digital Mudahkan Pelayanan Publik, PA Tanjung Tekad Tuju WBBM

0

BERAGAM inovasi lewat aplikasi berbasis teknologi digital diluncurkanPengadilan Agama Negeri (PA) Tanjung, Kabupaten Tabalong. Bahkan, menggunakan ikon daerah untuk membumikannya.

BERTAJUK program Gerakan Melayani Masyarakat Pencari Keadilan dari Desa Terluar (Gempar) disiapkan untuk menunjang menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

WBBM PA Tanjung ini juga menggandeng beberapa instansi di Pemkab Tabalong seperti Disdukcapil, Dinas Sosial, BPBD, Kemenag Kabupaten Tabalong dan lainnya.

Sedangkan, aplikasi yang telah diluncurkan adalah PA Tanjung Online Request (Patung Obor) yang dapat didownload melalui Google Play Store serta pelayan melalui website seperti aplikasi Pembuatan Gugatan Mandiri (Supermi), Aplikasi Telor Mata Sapi, Form Responden Zona Integritas, Simontok dan Simalakama.

BACA : Punya Kaitan Hukum dan Perkara, PA Tanjung Jalin Kerja Sama dengan 9 Instansi

Hal itu diungkapkan Ketua PA Tanjung, Abdullah didampingi Sekretaris, Aan Wiharyanto serta Panitera, H Anshari Salah dalam coffee morning bersama awak media di Ruang Media Center PA Tanjung, Rabu (30/3/2022).

Menurut Abdullah, penekanan WBBM terkait pelayanan publik. Bahkan, sejak 2021, PA Tanjung sudah menjalankan program Gerakan Melayani Masyarakat Pencari Keadilan Dari Desa Terluar (Gempar).

“Teknis pelaksanaan program tersebut dengan cara jemput bola ke wilayah desa terpencil ataupun terisolir dengan penekanan untuk memudahkan memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat yang mencari peradilan,” tuturnya.

BACA JUGA : Tuntas Jabat Ketua PN Tanjung 2 Tahun, Wisnu Widiastuti Pamit ke Blitar

Abdullah menegaskan PA Tanjung ingin membuktikan jika pemerintah hadir di tengah masyarakat yang mempunyai akses terbatas terhadap lembaga peradilan. Termasuk, memberikan perlindungan khususnya perempuan dan anak-anak.

Untuk diketahui, PA Tanjung telah mampu meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI pada 2020.

BACA JUGA : Lapas Tanjung Gelar Pemeriksaan Kesehatan, Deteksi Potensi HIV-Aids di Kalangan WBP

Menurutnya, hal tersebut sebuah usaha yang telah dicanangkan oleh pemerintah yang dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya menju WBK, akan tetapi dilanjutkan dengan WBBM.

“Jadi melalui ini, kami tegaskan, PA Tanjung berkomitmen untuk terus melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM,” ujar Abdullah.

Dia menjelaskan berbagai inovasi pelayanan serta layanan berbasis teknologi seperti aplikasi yang telah dibuat dan kembangkan. Hal itu akan terus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan dalam persiapan pembangunan zona integritas menuju WBBM.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.